Tuesday, May 12, 2015

Menyimak Penjelasan Dari Kalkulator Kehamilan Minggu-Minggu Penting

kalkulator kehamilan minggu-minggu
sumber foto: americanpregnancy

Sebelum mengetahui penjelasan kalkulator kehamilan minggu-minggu penting. Pada umumya masa kehamilan penuh berlangsung selama 40 minggu atau 280 hari, dengan dibangi ke dalam trimester, penghitungan kehamilan dimulai dari hari pertama dari masa haid terakhir. Dokter kehamilan biasannya mengkalkulasi waktu kehamilan termasuk dengan 2 minggu antara masa haid terakhir dan pembuahan. Berikut ini adalah minggu-minggu penting kehamilan yang bisa dinantikan oleh ibu hamil.


Kehamilan minggu ke-5

Meskipun bayi terlihat bagaikan kecebong dalam waktu kehamilan ini, tetapi kenyataanya itu merupakan jantung bayi. Tali pusar telah terbentuk dan menghubungkan antara bayi dengan ibu hamil sebagai jalur pengiriman makanan. Mual merupakan kebiasaan umum yang dialami ibu hamil di trimester pertama, dengan istilah yang sering digunakan adalah morning sickness. Ibu hamil harus menjadwalkan kunjungan bulanan ke dokter kehamilan untuk perawatan kehamilan berkualitas. Pastikan bahwa ibu hamil tidak mengonsumsi alkohol, kafein, manisan buatan dari diet yang dilakukan.

Minggu ke-10

Organ-organ utama bayi sudah terbentuk. Kuku bayi juga sudah mulai tumbuh dan tangan dan kakinya bisa membengkok. Bayi kini memiliki tinggi sekitar 2.5 centimeter dan ibu hamil mungkin mulai merasa bahwa pakaian yang biasa ia kenakan terasa sempit.

Minggu ke-12

Memasuki minggu ini berarti ibu hamil telah melewati trimester pertama kehamilan. Janin bayi kini sudah bisa mengenyit jempolnya sendiri dan tangannya bisa menggenggam. Di usia kehamilan ini, hormon ibu hamil sedang menanjak dan ia mungkin merasa lebih emosional dibandingkan dengan kondisi biasannya.

Minggu ke-18

Di usia ini, bayi sudah bisa mengedip dan menggerakkan tangannya sendiri dalam gerakan menggenggam. Bayi juga hampir kebanyakannya sedang mengalami pertumbuhan rambut kepala. Rasa lelah yang dirasakan ibu hamil selama awal kehamilan seharusnya sudah tidak muncul lagi.

Minggu ke-23

Kini kulit bayi berwarna merah dan berkerut serta alis dan bulu matanya sudah tumbuh. Ibu hamil mungkin mulai terasa ketika bayi sedang bergerak di perutnya. Ini merupakan hal yang bagus dalam perkembangan karena bayi sedang menanggapi apa yang dimakan, dilakukan dan bahkan musik yang sedang didengarkan oleh ibunya. Paru-paru bayi mengalami pertumbuhan juga.

Minggu ke-27

Di akhir masa kehamilan trimester ke-2 ini, otak bayi kini tumbuh dengan cepat. Jika ibu hamil belum memiliki dokter bersalin, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk mulai bertanya kepada anggota keluarga dan teman. 

Minggu ke-32

Bayi yang ada di dalam kandungan kebanyak sudah mengansumsikan posisi dilahirkannya dan mata bayi bereaksi ketika terkena cahaya. Jika ibu hamil berencana melahirkan di rumah sakit, maka saat ini adalah waktunya untuk mencari lokasi rumah sakit yang akan digunakan untuk melahirkan.

Minggu ke-40

Tanggal melahirkan telah dekat! Tetapi jika waktu melahirkan seperti apa yang dihasilkan oleh kalkulator kehamilan minggu-minggu belum datang juga, maka ibu hamil tidak perlu khawatir. Karena kebanyakan perkiraan persalinan dan setiap ibu dan anak berbeda-beda. Saat ini ibu hamil akan mulai menciptakan rencana persalinan dengan dokter bersalin.

Berbagai informasi pilihan selain kalkulator kehamilan minggu-minggu di Merries Indonesia.

No comments:

Post a Comment