Monday, August 24, 2015

Taman Nasional Lorentz Menjadi Lokasi Menarik Adventure Indonesia Irian Jaya

adventure indonesia irian jaya
sumber foto: worldheritage

Memiliki luas lebih dari 25.000 kilometer persegi di salah satu pulau terbesar di Indonesia, Taman Nasional Lorentz merupakan lokasi yang menarik untuk dijadikan sebagai adventure Indonesia Irian Jaya. Dimana taman ini dianggap sebagai satu-satunya yang menggambarkan penampangan lintang paling lengkap dari ekosistem di dunia. Taman nasional ini merupakan satu dari 3 taman nasional di dunia yang memiliki gletser tropis. Spektrum dari ekosistem ini benar-benar luar biasa dan dilapisi dengan tanaman pegunungan, sub-alpine, montana, sub-montana, dataran rendah, perairan dan pohon baku, yang semuanya tersambung menjadi satu.


Taman nasional Lorentz merupakan salah satu area lahan terlindung terbesar di Asia Tenggara yang dikenal sebagai tempat yang memiliki tingkat keragaman hayati tertinggi di dunia. Kekhasan yang paling menawaran dari taman nasional ini adalah piramid Carstenz, salah satu dari 7 puncak paling tinggi di dunia, Lembah Baliem Barat, tempat tinggal dari suku tua yang akan merasa bangga untuk mempelihatkan festival rekaan perang dan Agats, pusat dari kelompok etnis Asmat yang merupakan pengrajin kelas dunia dalam mengukir kayu.

Taman nasional ini merupakan salah satu dari 4 tempat warisan dunia UNESCO di Indonesia yang membantu melindungi kebutuhan seluruh oksigen di seluruh bagian dunia. Indonesia memiliki hutan tropis terluas setelah Brasil dan Republik Demokratis Congo. Di awal tahun-tahun milenium baru, perkiraan jumlah area dari hutan tropis Indonesia mencapai lebih dari kisaran 959.000 kilometer persegi, 3 kali lebih besar dari seluruh area dari Selandia baru. Telah ada 50 taman nasional di Indonesia dan Taman Nasional Lorentz dianggap sebagai salah satu bukti luar biasa dari fase utama dari sejarah bumi, proses bentuk alam geologi dan kaya akan fitur geomorfik. Tempat ini juga merupakan rumah dari endemik luar biasa, seperti surga burung-burung, kangguru pohon dan kura-kura hidung babi. 

Aktivitas pariwisata, seperti adventure Indonesia Irian Jaya, hanya bisa dilakukan di zona-zona tertentu. Tempat yang paling banyak diminati adalah Lembah Baliem miliki suku Dani Barat, yang berada dekat dengan suku lainnya seperti Nduga, Damal, Asmat Keenok, Sempan, dan Komoro. Danau Habbema yang berada di dataran tinggi Lembang Habema merupakan tempat yang luar biasa untuk dijadikan sebagai lokasi mengamati burung, sangat direkomendasikan oleh banyak perusahaan burung untuk melihat burung-burung seperti burung Salvadori's Teal, burung rumput Papua, Patridge gunung saljut, Munia gunung saljut dan Kestrel Australia yang populasinya masih terpencil.

Mendaki gunung merupakan aktivitas yang bertaruh nyawa ketika menaiki Piramid Carstensz atau menaklukan Puncak Jaya Wijaya. Agats, sebagai ibu kota dari pengrajin ahli ukrian kayu. Mengunjungi pedesaan lalu duduk di ujung dari Taman Nasional Lorentz merupakan pengalaman yang sulit untuk dilupakan. Pengrajin kayu yang dimiliki daerah ini memang luar biasa dan bisa dikategorikan sebagai mahakarya kelas dunia.

Ketahui berbagai tempat lainnya seperti adventure Indonesia Irian Jaya di SuperAdventure.co.id.

No comments:

Post a Comment