Wednesday, November 11, 2015

Perjalanan Mendaki Gunung Gamalama Menjadi Pilihan Indonesia Hiking Trips 2015

indonesia hiking trips 2015
sumber foto: jayanjayan

Gunung Gamalama merupaan gunung api yang dimiliki oleh Ternate, merupakan pilihan lokasi Indonesia hiking trips 2015 yang berada dalam rangkaian vulkanik di pesisir barat dari Halmahera, Ternate, Tidore, Moti, Makian, dan Bacan. Seperti Gunung Kei Matubu di Tidore dan Gunung Kei Besi di Makian, gunung ini mendominasi sebagian besar pulau yang hanya menyisakan jalur pantai yang sempit dan lereng yang lebih rendah dari gunung untuk penanapam sayuran. Pohon kelapa, pala, dan cengkeh merupakan tanaman pohon yang mendominasi.


Gunung api ini masih sangat aktif, letusan terakhirnya terjadi di tahun 2015. Sedangkan letusan yang terjadi di tahun 1770 menciptakan sesuatu yang kini bernama Danau Tolire Besar, yakni danau kawah yang besar di sisi timur laut dari gunung ini. Letusan di tahun 2015 telah mengubah wajah dari puncak gunung api ini dengan munculnya lubah besar di wajah, yang dimana merupakan jalur pendakian yang biasanya digunakan pendaki untuk mencapai pinggir kawah. Tidak heran, jika gunung ini kadang kala ditutup akibat aktivitas vulkanik dan akan menjadi tidakan yang tidak bijak untuk mengacuhkan peringatan warga lokal.

Ada 2 jalur yang bisa dilalui untuk mencapai Gunung Gamalama dari kota, yakni dari Marikurubu (dengan jarak sekitar 400 meter) dan Moya (jaraknya sekitar 370 meter). Jalur yang berasal dari Marikutubu awalnya curam dan mudah membuat pendaki menjadi tersesat dalam perjalanan turun, meskipun pendaki akan selalu berakhir di dekat titik mula perjalanan. Sedangkan rute dari Moya, mungkin sedikit lebih panjang tetapi memiliki lebih banyak jalur yang bagus yang biasa digunakan oleh warga desa untuk pergi bekerja menanam tanamannya.

Jalur ini juga terasa lebih stabil untuk didaki dan dilalui melalui tanaman-tanaman seperti kayu manis, durian, pala dan cengkeh. Mencari pemandu untuk mendaki gunung ini lewat jalur Moya merupakan sesuatu hal yang bukan menjadi masalah. Mendaki dari jalur Moya berakhir di area berkemah terbuka yang dikenal dengan sebutan Terminal yang berada di ketinggian 1.350 meter dari permukaan laut dan memakan sekitar 3 jam perjalanan. Sedangkan jalur yang berasal dari Marikurubu dan Moya berakhir di titik ini. Setelah itu, jalur ini mendaki hingga titik dimana gunung berubah menjadi 'Suci' di ketinggian 1.580 meter atau 1 jam perjalananan. Beberapa jurang curam sering dilalui oleh jalur ini.

Kebanyakan gunung di Halmahera memiliki titik dimana mereke menjadi 'Suci' mungkin karen kepercayaan. Meskipun pemandu mungkin ada yang tidak bis menjelaskan tentang asal musal kepercayaan-kepercayaan tersebut, tetapi mereka masih menjalankan tugasnya dengan berusaha dengan sangat keras. Buang air kecil melewati batas suci merupakan tindakan yang dilarang. Tititk suci dari Gunung Gamalama merupakan titik tinggi di rumput tabu berat dari dimana seseorang mendapatkan pemandangan pertama dari puncak gunung api ini.

Dari titik ini, jalur menurun yang lewat melalui tanah rumput tabu tebal hingga tiba di bukit yang terlihat secara langsung ke puncak gunung api ini. Beberapa kuburan, dimana warga lokal percaya merupakan tempat istirahat sultan-sultan awal ada di bukit ini. Mengenai aktivitas dari pilihan Indonesia hiking trips 2015 ini, pendaki bisa menuruni hingge terlihat di lembah kecil di bawah dan awal mula pendakian menuju puncak dari pinggiran kawah. Semenjak letusan di 2015 dan bentuk dari celah berada di sisi selatan, dengan pendakian bermula dari sisi barat gunung.

Temukan lokasi lainnya yang cocok untuk Indonesia hiking trips 2015 di SuperAdventure.co.id.

No comments:

Post a Comment