Thursday, November 12, 2015

Mengenal Latihan Perut yang Bermanfaat Dari Senam Ibu Hamil 5 Bulan

senam ibu hamil 5 bulan
sumber foto: popsugar

Latihan perut memfokuskan untuk melatih rektus abdominis atau otot dangkal yang ada di daerah perut dimana latihan ini merupakan bagian dari senam ibu hamil 5 bulan. Selama bulan ke-5 kehamilan, daerah ini mulai mengembang lebih cepat dibandingkan selama bulan-bulan awal kehamilan. Dengan semakin besarnya perut, daerah ini memberikan tekanan pada fascia, yang dikenal sebagai linea alba, yang memisahkan otot rektus abdominis sebelah kanan dan kiri. Ibu hamil perlu hati-hati ketika melakukan latihan perut untuk menghindari adanya peningkatan tekanan dalam jaringan pengikat ini.


Hindari membahayakan bayi atau menyebabkan perpisahan anyata otot rektus abdominis dengan memilih latihan perut yang memfokuskan pada otot perut dalam. Latihan apa pun yang membutuhkan ibu hamil untuk terlentang mungkin bisa membahayakan ibu dan bayinya, karena berat dari bayi akan menekan langsung kepada vena cava, vena besar yang mengantarkan darah kembali ke jantung dan juga membatasi arus darah. Senam yoga menyediakan latihan perut alternatif yang aman untuk melatih otot perut.

Latihan memiringkan panggul bisa menuatkan otot perut dan mengurangi sakit punggung yang berhubungan dengan pesatnya pertumbuhan dari bayi. Lakukan latihan ini ketika dalam posisi berdiri belawanan dengan tembok atau ketika tangan dan lutut dalam posisi berlutut. Jika ibu hamil memutuskan untuk melakukannya dalam posisi berdiri, maka beridiri dengan punggung bersentuhan dengan tombok dan kencangkan otot perut ketika memiringkan panggul ke depan hingga lengkukan dari otot punggung belakang dalam posisi rata dengan tembok. 

Untuk melakukan latihan perut ini dalam posisi tangan dan lutut dalam posisi berlutut, pertama tempatkan tangan secara langsung di bawah pundak, dengan posisi tangan lurus. Kencangkan otot perut ketika memiringkan panggul ke depan dan sedikit membungkukan punggung. Tahan posisi memiringkan panggul ini selama 5 hingga 10 detik lalu istirahat. Lakukan pengulangan gerakan ini selama 10 hingga 15 kali dan lakukan latihan ini 2 kali sehari.

Gerakan crunch menyamping juga berfungsing untuk membantu dalam mendukung perkembangan bayi dan mengurangi rasa sakit punggung dengan menguatkan otot miring yang ada di sisi dari perut. Gerakan ini dimulai dengan berbaring pada sisi kiri dengan lutut sedikit dibengkokan dan tangan kiri berada di sedikit di depan tubuh untuk menjaga keseimbangan tubuh. Tempatkan tangan kanan di belakang kepala dan naikkan lutut kanan sejauh mungkin, coba untuk sentuhkan siku dengan lutut. Ulangi gerakan ini hingga 25 kali pengulangan.

Jika ibu hamil merasa bahwa ia perlu melakukan gerakan crunch tradisional untuk mempertahankan otot perut untuk tetap kencang, maka tempat sesuatu di belakang batang tubuh untuk mempertahankan kepala terangkat paling tidak dalam sudut sebesar 45 derajat. Tetapi ada seorang dokter yang menyarankan bahwa gerakan crunch tradisional ini hanya bisa dilakukan hingga pilihan senam ibu hamil 5 bulan saja, karena jika dilakukan di bulan-bulan selanjutnya akan mendatangkan bahaya.

Dapatkan panduan latihan lainnya untuk senam ibu hamil 5 bulan di Merries Indonesia.