Monday, November 16, 2015

Memahami Dasar Dalam Mengganti Popok Sekali Pakai Bayi Baru Lahir

popok sekali pakai bayi baru lahir
sumber foto: birthpage

Orang tua baru sering menghabiskan banyak waktu dalam mengganti popok sekali pakai bayi baru lahir. Hal ini memang ada benarnya, dengan bayi kemungkinan perlu mengganti popok yang dikenakannya sebanyak 10 kali atau lebih. Rutinitas mengganti popok mungkin terlihat sulit ketika pertama kali mencobanya, tetapi dengan sedikit latihan, maka bisa ditemukan cara yang mudah dalam menjalaninya sekaligus bisa memelihara dengan mudah kekeringan pada kulit bayi.


Dalam persiapan untuk mengganti popok, orang tua perlu mengumpulkan sejumlah perlengkapan di sekitar tempat atau meja mengganti popok, seperti popok baru, wadah yang berisi air hangat dan kapas untuk bayi yang memiliki kulit yang sensitif atau kain lap yang bersih atau tisu popok, salep popok atau minyak ter untuk mengindari atau menyembuhkan ruam popok, alas untuk mengganti popok yang diletakkan di bawah bayi yang terlentang. Pastikan semua perlengkapan bayi ini berada dalam jangkauan, dan orang tua diperingatkan untuk jangan pernah meninggalkan bayi tanpa ada satu tangan yang memegangnya. 

Dalam mengelap bayi, orang tua baru bisa menggunakan kain lap yang sudah dibasahkan, kapas, atau tisu bayi. Cara mengelapnya adalah orang tua perlu dengan perlahan mengelap buah hatinya dengan bersih dari bagian depan ke belakang. Jangan pernah mengelap dari bagian belakang ke bagian depan, khususnya untuk bayi perempuan, karena cara ini bisa menyebarkan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi saluran kemih. Orang tua bisa mengangkan kedua kaki bayi untuk bisa mengelap secara menyeluruh. Jangan lupa untuk mengelap kotoran yang ada di paha dan bokong.

Untuk bayi laki-laki, tempatkan popok baru di dekat kelaminnya ketika dalam proses penggantian popok karena ketika kulitnya terkena hembusan udara, hal ini sering kali menyebabkan mereka untuk buang air kecil, dan jika tidak dihalangi semburan airnya bisa mengenai orang tua yang bertugas mengganti popok, mengenai tembok dan daerah lainnya yang berada sekitarnya. Setelah orang tua selesai mengelap, tepuk-tepuk kulit bayi supaya kering dengan kain lap yang kering setelah itu baru oleskan salep popok.

Dalam mengenakan popok sekali pakai bayi baru lahir, berikut adalah langkah-langkah dari proses penggantian popok. Dimulai dengan membuka popok, lalu menempatkannya di bawah bayi dengan secara perlahan mengangkat kaki bayi. Bagian belakang yang memiliki alat pengikat perlu berada sejajar dengan pusar buah hati, tempatkan bagian depan popok di antara kedua kaki menuju perutnya. Selanjutnya, tempatkan alat pengikat di daerah yang dianggap mampu membuat popok dikenakan si kecil dengan baik. Pastikan ikatan ini tidak terlalu kencang yang bisa membuat bayi menjadi tidak nyaman.

Sampah seharusnya dibersihkan secara rutin sehari sekali, rutinitas ini perlu diterapkan apalagi ketika popok sekali pakai yang kotor menjadi bagiannya. Dengan sering membersihkan sampah akan menghindari bau tidak enak yang dimiliki oleh popok kotor tersebut bisa dengan mudah tercium, tetapi juga untuk menghindari pertumbuhan bakteri. Orang tua baru harus selalu mencuci tangannya sebelum dan sesudah selsesai proses mengganti popok bayi.

Ketahui lebih lanjut panduan untuk popok sekali pakai bayi baru lahir di Merries.co.id.