Tuesday, September 1, 2015

Senam Untuk Ibu Hamil Muda Berupa Latihan yang Memiliki Banyak Manfaat

senam untuk ibu hamil muda
sumber foto: watchfit

Melakukan senam untuk ibu hamil muda memiliki banyak manfaat, seperti perbaikan waktu tidur, mengurangi pembekakan atau sakit punggung yang disebabkan oleh kehamilan, membuat proses persalinan dan kelahiran menjadi lebih mudah, menyediakan endorfin yang bisa membuat ibu hamil merasa lebih senang dan lebih energetik dan membantu ibu hamil mendapatkan kembali bentuk tubuhnya dengan lebih cepat setelah melakukan proses persalinan.


Tubuh ibu hamil mungkin masih terlihat seperti sebelumnya, tetapi ada banyak perubahan yang terjadi di dalam tubuh selama trimester pertama kehamilan. Banyak wanita yang tidak merasa adanya banyak perbedaan dari biasannya di masa kehamilan ini. Karena olahraga memiliki resiko kecil terhadap bayi, membuat ibu hamil perlu menjadikan masa kehamilan trimester pertama sebagai waktu yang bagus untuk memulai atau menjalankan rutinitas olahraga.

Senam untuk ibu hamil muda merupakan aktivitas apa pun yang meningkatkan pernapasan dan detak jantung. Selain itu, jenis olahraga yang satu ini mampu meningkatkan kegunaan oksigen di dalam tubuh, meningatkan persediaan oksigen ke janin, mencegah sejumlah masalah seperti wasir, penimbunan cairan dan varises, meningkatkan kekuatan dan bentuk otot, yang bisa menghindari sakit punggung dan memudahkan persalinan, meningkatkan pengendalian gula darah dan mengurangi resiko dari diabetes kehamilan, membakar kalori, memperbaiki waktu tidur, meningkatkan kesehatan dan kepercayaan diri dan mengurangi resiko kelahiran prematur. 

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari latihan senam, setiap sesi harusnya berlangsung selama 20 hingga 30 menit, dan dilakukan beberapa kali dalam seminggu. Teknik relaksasi senam bisa membantu ibu hamil untuk bernapas dan berkonsentrasi, mengurangi stres, merasa lebih puas dan energetik, dan melepaskan semua tensi emosional. Manfaat ini bisa menjadi sangat menolong selama proses persalinan dan kelahiran. Yoga, meditasi dan latihan pernapasan lainnya bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental selama trimester pertama. 

Senam yoga bisa menolong ibu hamil dalam mengendalikan pernapasan dan menyediakan cara yang bagus untuk meregangkan dan membentuk otot. Senam ini melatih tubuh dan pikiran ibu hamil, menguatkan otot dan membuat ibu hamil merasa tenang dan damai. Ada banyak gaya dari yoga yang bisa dipilih. Pilihan-pilihan yang terkenal antara lain kundalini yoga, yang berfokus pada pernapasan dan meditasi, iyengar yoga, yang meningkatkan postur, meluruskan dan menyeimbangkan, serta power yoga, yang dimana menggunakan latihan aerobik untuk membangun kekuatan dan pertahanan.

Salah satu keuntungan utama lain dari yoga adalah olahraga ini memfokuskan pada teknik-teknik bernapas. Mempelajari untuk berhati-hati dalam bernapas bisa membantu ibu hamil untuk tetap merasa tenang dan berkonsentrasi selama proses persalinan. Di trimester kedua atau trimester ketiga, dokter kehamilan kemungkinan akan mengatakan kepada ibu hamil untuk menghindari sikap badan yang membutuhkannya untuk berbaring lurus bertumpu pada punggung.

Simak berbagai informasi seputar senam untuk ibu hamil muda di Merries Indonesia.

No comments:

Post a Comment