Thursday, October 9, 2014

Makanan Ringan yang Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama dan Kedua

ibu hamil
 sumber foto: missionforhealth

Makan secara sehat adalah hal yang penting ibu hamil. Tetapi jika ibu hamil memiliki gejala mual di pagi hari atau morning sickness, maka ia akan merasa sulit untuk makan besar. Inilah dimana ia bisa memilih memakan makanan ringan. Makanan ringan ini akan memuaskan kelaparan dan menyediakan pertumbuhan yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan bayinya pada setiap tahap dari kehamilannya.


Makanan ringan mana yang bagus untuk trimester pertama? Dalam trimester pertama (dari minggu ke-4 hingga 13), ibu hamil tidak membutuhkan tambahan kalori tetapi ia membutuhkan tambahan folat. Ibu yang sedang mengandung seharusnya memakan banyak makanan yang kaya akan folat, bersamaan dengan tambahan 400 mikrogram dari asal folat setiap harinya. Folat adalah bentuk alami dari asam folat yang bisa ditemukan pada beberapa makanan. Makanan folat, seperti sereal untuk sarapan, memiliki tambahan asam folat di dalamnya.

Untuk mendapatkan tambahan folat, ibu hamil bisa mengonsumsi salad dengan daun bayam muda dan ubi bit, asparagus rebus, jeruk atau gelas kecil dari jus jeruk, dan blewah atau melon. Simpan roti tawar potong di pendingin kulkas, sehingga jika dibutuhkan bisa mengambil dari sana. Vitamin A adalah hal yang penting untuk mempengaruhi pertumbuhan organ bayi, peredaran darah, pernapasan, dan sistem saraf. Vitamin ini juga membantu dalam melawan infeksi.

Vitamin A yang didapat dari makanan hewan disebut sebagai retinol. Telor dan keju adalah sumber vitamin ini yang bagus. Jangan mengonsumsi ati, meskipun mengandung retinol, karena tingkat retinol yang dimilikinya terlalu tinggi dari tingkat aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Dalam makanan dari tumbuhan, vitamin A bisa ditemukan pada karoten, khususnya betakaroten. Tubuh ini hamil akan mengubah betakaroten menjadi vitamin A, sehingga tidak perlu mengonsumsinya terlalu banyak.

Buah jeruk atau sayuran yang mengandung betakaroten, Tambahkan irisan dari mangga, persik, dan pepaya yang matang ke sereal. Ibu hamil juga bisa membuat minuman smoothie yang bisa dibawa ke tempat kerja, atau buat sup sendiri dengan wortel atau ubi. Sedangkan untuk makanan ringan di trimester kedua yakni pada (minggu ke-14 hingga 27), ibu hamil perlu berkonsentrasi dalam mendapatkan kalsium yang cukup, karena kandungan ini dibutuhkan dalam pertumbuhan gigi dan tulang dari bayi.

Vitamin D bisa membantu tubuh dalam menyerap dan menggunakan kalsium. Suster kandungan akan menyarankan untuk mengkonsumsi 10 mikrogram vitamin D setiap hari dari trimester pertama. Sehingga ibu hamil seharusnya sudah mendapatkan banyak masukan vitamin D. Ibu yang mengandung harus menjaga penyimpanan kalsium sehingga ia dan bayinya memiliki jumlah yang cukup sepanjang kehamilan. Kalsium juga memiliki kelebihan lainnya, seperti mengurangi resiko memiliki tekanan darah tinggi.

Makanan olahan, usahakan pilih versi yang dikurangi jumlah lemak, seperti yogurt polos renah lemak atau minuman dengan dasar susu, adalah sumberyang bagus untuk kalsium. Jika ibu hamil tidak bisa memakan makanan olahan, ia seharusnya mengonsumsi produk kedelai yang diperkaya dengan kalsium, seperti yogurt kedelai. Buah ara yang kering dan almon juga memiliki kalsium di dalam kandungannya.

Perdalam pengetahuan tentang ibu hamil di Aswirman.com.

No comments:

Post a Comment