Monday, October 19, 2015

Tips dan Nasihat Dalam Perkembangan Bayi 3 Bulan Keatas

perkembangan bayi 3 bulan keatas
sumber foto: wearethekellyfamily

Ada sejumlah kemajuan yang terjadi dalam perkembangan bayi 3 bulan keatas, salah satunya adalah buah hati kemungkinan akan mulai menjalani perkembangan pribadi berkat dirinya sendiri. Ia juga kemungkinan bisa meraih benda-benda, tersenyum secara spontan dan mengalihkan pandangannya menuju arah dari datangnya suara, khususnya suara yang biasa ia dengar. Untuk bayi di usia ini, orang tua disarankan bahwa ini merupakan saat yang tepat untuk mengakrabkan buah hati dengan mainan-mainan, permukaan dan orang baru.


Orang tua perlu tahu bagaimana nutrisi bisa membantu dalam perkembangan otak bayi. Dengan mendapatkan nutrisi yang bagus, termasuk jumlah yang sesuai dari kedua makronutrien (karbohidrat, lemak dan protein) dan mikronurtrien (vitamin dan mineral), menjadi hal yang penting bagi perkembangan bayi secara keseluruhan termasuk di dalamnya adalah perkembangan otak. Nutrisi-nutrisi ini bisa membantu dalam menyediakan struktur selaput sel, mengatur metabolisme dan menyediakan tenaga.

Contohnya, kebanyakan sel di tubuh, khususnya yang berada di otak, menggunakan glukosa karbohidrat sebagai sumber utama dari tenaga. Glukosa bisa didapat dari karbohidrat, lemak dan atau protein. Secara pengertian, karbohidrat akan menyediakan tenaga dari makanan untuk pertumbuhan, fungsi tubuh dan aktivitas sebagai tambahan dari membuat protein dan lemak untuk bisa digunakan secara efiesien dan normal. Protein berguna dalam membantu perkembangan, mempertahankan, dan memperbaiki jaringan-jaringan baru di seluruh tubuh, temasuk yang ada di otak.

Lemak bisa menyediakan lebih dari 2 kali lipat tenaga dari karbohidrat atau protein untuk menggerakkan pertumbuhan dan fungsi. Asam lemak merupakan salah satu lemak yang berlimpah di dalam tubuh. Linoleat dan asam lemak alfa-linoleat adalah yang dianggap penting karena tubuh tidak bisa memproduksinya. Kedua lemak ini berperan sebagai blok bangunan untuk masing-masing asam arakidonat dan asam dokohexaenoat. Kedua asam ini merupakan komponen yang penting untuk perkembangan otak dan mata.

Sedangkan vitamin E merupakan vitamin yang melarutkan kegemukan, sebuah antioksidan yang ditemukdan di sel manusia, termasuk yang ditemukan dalam mata bayi yang sedang berkembang serta otaknya. Kandungan ini merupakan sesuatu yang penting dalam melindungi sel termasuk dalam mata dan otak bayi yang sedang berkembang. Vitamin E juga merupakan zat yang penting untuk struktur dan fungsi dari sistem saraf manusia, retina dan otot rangka. Sumber-sumber makanan yang umumnya bisa ditemukan vitamin E antara lain gandum yang terkandung minyak, sereal, minyak sayur, tumbuhan dan sayuran.

Pola tidur juga merupakan sesuatu yang perlu diketahui dalam perkembangan bayi 3 bulan keatas. Orang tua perlu tahu bahwa buah hatinya kemungkinan akan tertidur untuk 5 hingga 6 jam sepanjang malam, tetapi pola tidur ini tidak terjadi untuk semua malam. Rutinitas waktu tidur yang rutin bisa membantu bayi merasa nyaman. Sehingga orang tua bisa menggendong-gendongnya dengan lembut atau mengelus-elus punggung dan tangan bayi. Orang tua perlu menanggapi bayi secara tenang dan tanpa terlalu banyak mengganggu atau berinteraksi dengan buah hati.

Cermati informasi lainnya seperti perkembangan bayi 3 bulan ke atas di Merries.co.id.