Wednesday, May 6, 2015

Seputar Perkembangan Bayi 4 Bulan 2 Minggu dan Minggu ke-3

perkembangan bayi 4 bulan 2 minggu
sumber foto: momjunction

Dengan bentuk perut pada perkembangan bayi 4 bulan 2 minggu sudah lebih besar, membuatnya tidak akan memiliki waktu makan yang sesering seperti bulan-bulan sebelumnya. Empat atau lima kali waktu makan dalam satu hari dianggap sudah cukup, bahkan kecuali jika ia diberikan ASI eksklusif, yang dimana bayi kemungkinan akan makan dalam 6 atau 8 kali sehari. Bayi di usia ini mungkin sudah memiliki jumlah berat yang dua kali lipat dari berat ketika ia dilahirkan dan ia tentu saja berat badannya masih akan bertambah, meskipun jumlah waktu makannya sudah berkurang.

Tetapi orang tua jangan berharap sikap bayi ketika makan sedikit dewasa, karena bayi menjadi mudah diganggu di usia ini dan waktu memberikan makan kepadannya bisa menjadi hal yang membuat frustasi, dengan bayi bisa saja mengalihkan perhatiannya untuk melihat anggota keluarga lain atau menanggapi suara dari luar. Solusi yang bisa dilakukan oleh orang tua menghadapi masalah ini adalah dengan meminimalisir gangguan dengan memberikan makan bayi di ruangan yang sepi dan agak redup.

Bayi di usia 4 bulan 2 minggu bisa sesekali bermain dengan kedua tangan dan kakinya untuk beberapa menit. Ia juga sedikit mengagumi melakukan suatu kegiatan berulang-ulang sampai ia yakin dengan hasilnya. Lalu, ia akan mengubah keadaan sedikit-sedikit untuk melihat apakah hasilnya akan berbeda. Orang tua kadang menyadari bahwa kamar bayi terdengar sunyi, tetapi ketika masuk ke dalam, bayi yang masih membutuhkan perhatian orang tuannya, sedang terkagumi dengan diri sendiri di tempat tidur.

Meskipun menangis masih menjadi bentuk komunikasi utama bayi, tapi ia juga sedang mengembangkan selera humornya menjelang bulan ke-5. Ia mungkin mulai tertawa ketika mendapatkan kejutan yang menyenangkan seperti wajah orang tua yang tiba-tiba muncul dibalik selimutnya, atau mainan yang muncul keluar dari kotak, asalkan kejutan tersebut tidak terlalu lantang atau mengagetkan, maka kemungkinan bayi akan tertawa semakin besar.

Orang tua disarankan pada perkembangan bayi 4 bulan 2 minggu dan minggu ke-3 ini untuk mendorong bayi supaya tertawa, tergelitik dan tersentum dengan menampilkan wajah-wajah lucu dan sejumlah kekonyolan umum. Bayi juga menyukai mendengar beragam jenis suara dan orang tua tidak perlu mainan khusus atau alat  mahal untuk bisa mendapatkannya. Cara sederhana adalah dengan membuat jenis suara menggunakan mulut seperti bersiul atau membuat suara-suara binatang.

Mendorong bayi untuk bereksperimen dan bermain dengan beragam benda juga merupakan salah satu cara orang tua yang bisa membantu pertumbuhan bayi. Suatu hal sederhana seperti mencuci popok kain bayi yang bisa membuat bayi mengalihkan perhatiannya untuk beberapa menit. Biarkan bayi mengisap, memegang dan menemukan apa yang akan terjadi jika ia mengumalkannnya. Berikan juga bayi kerincingan yang ringan dan orang tua bisa melihat kegembiraan di wajah bayi ketika ia berhasil mengeluarkan suara ketika menggoyang-goyangkan kerincingan tersebut.

Cari tahu informasi lainnya selain perkembangan bayi 4 bulan 2 minggu di Merries.co.id.