Wednesday, April 15, 2015

Mengetahui Apa Saja Yang Terjadi Pada Perkembangan Bayi 4 Bulan Keatas

perkembangan bayi 4 bulan keatas
sumber foto: weebeedreaming

Pada perkembangan bayi 4 bulan ke atas, sang buah hati mungkin sudah memiliki pola tidur yang lebih baik, tetapi jika belum, maka orang tua tidak perlu khawatir karena pencapaian ini tidak lama lagi akan terjadi pada bayi. Di usia ini juga merupakan waktu yang tepat untuk menetapkan pemberian imunisasi selanutnya dan pemeriksaan kesehatan pada umumnya. Bayi yang baru lahir bisa melihat hanya apa yang perlu lihat saja, seperti orang dan benda pada jarak antara 18 hingga 35 centimeter.


Bayi bisa memfokuskan pandangannya pada sebuah obyek yang berada di hadapannya. Benda-benda yang berada jauh terlihat kabur meskipun bayi nsa melihat pada cahaya yang terang. Warna yang cerah juga lebih terlihat oleh pandangan bayi dibandingkan dengan warna-warna yang pucat. Masih merupakan sesuatu yang normal jika mata bayi sesekali terlihat jereng, tetapi jika mata bayi terlihat jereng dalam waktu yang lama maka hal ini perlu segera diperiksa ke dokter. Warna mata bayi masih bisa berubah hingga usianya mencapai 6 bulan.

Di usia ini, bayi akan mulai untuk meraih benda. Dalam perkembangan bayi 4 bulan keatas, ia juga akan bisa untuk mengikuti benda yang bergerak dengan matanya dan melihat keadaan sekitar. Dunia bayi merupakan sebuah tempat yang sangat menarik dan bayi ingin bisa melihat banyak hal yang bisa dilihatnya. Bayi akan tersenyum ketika ia melihat orang-orang yang ia sering lihat. Beberapa orang ada yang khawatir terhadap lampu terang bisa mempengaruhi mata bayi. Jika orang tua memiliki kekhawatiran yang serupa maka coba untuk tidak mengambil foto menggunakan flash.

Jadwal imunisasi berubah setiap beberapa tahun dan tidak sama di semua daerah. Setiap suntikan bisa menyebabkan rasa nyeri, warna merah, membengkak, atau rasa bakar di suatu saat ketika jarum masuk dan bisa menyebabkan kegatalan yang dapat bertahan selama 1 hingga 2 hari. Gejala-gejala ini bisa disembuhkan dengan kain lap yang dingin dan basah. Benjolan kecil yang keras mungkin terlihat di titik suntik dan mungkin membutuhkan beberapa minggu untuk kembali ke keadaan semula, tetapi hal ini bukan merupakan sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

Jika orangtua mengalami kesulitan dalam membuat bayinya tidur dan merasa bahwa dirinya tidak akan mendapatkan istirahat yang cukup tetapi keadaan ini juga dialami oleh kebanyakan orang tua lain. Ada beberapa teknik yang bisa membantu bayi untuk tidur. Orang tua mungkin perlu untuk mencoba beberapa kombinasi yang berbeda sebelum mendapatkan teknik mana yang sesuai untuk diterapkan kepada sang buat hati. Teknik-teknik yang bisa dilakukan seperti menggendong dan menenangkan bayi karena bayi menangis karena ia memiliki kebutuhan yang sering menjadi bahwa ia perlu ditenangkan. 

Sekitar 1 atau 2 jam mendekati waktu tidur, bayi bisa ditenangkan lebih awal dengan pijatan atau mandi air hangat. Menggendong bayi di kursi goyang juga bisa menjadi teknik yang perlu dicoba. Menepuk-nepuk bayi secara perlahan bisa menjadi teknik yang bisa dicoba. Mendengarkan musik pengantar tidur bayi atau rekaman arus air yang tidak terlalu deras juga bisa menjadi teknik yang perlu dicoba. Membuat kamar bayi sedikit lebih hangat dan gelap juga merupakan teknik menidurkan bayi yang bisa menjadi perhitungan.

Dapatkan pengetahuan lainnya seputar perkembangan bayi 4 bulan keatas di Merries.co.id.

No comments:

Post a Comment