Tuesday, April 14, 2015

Menerima Tantangan Indonesia Hiking Trips di Gunung Dempo

indonesia hiking trips
sumber foto: indonesia.travel

Berada di ketinggian 3.195 meter di atas permukaan laut, membuat Gunung Dempo menjadi gunung tertinggi di Sumatera Selatan dan cocok untuk menerima tantangan Indonesia hiking trips. Bersama dengan Gunung Marapi, gunung ini merupakan puncak tertinggi di rangkaian pegunungan di Bukit Barisan yang membentang sepanjang seluruh pulau Sumatera, membentuk bagaikan tulang belakang. Gunung ini berada di perbatasan antara provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu di pesisir barat.


Letaknya ada di desa bernama Pagar Alam, dengan gunung ini secara keseluruhan dikelilingi oleh lembah dan punggung gunung. Membutuhkan perjalanan sekitar 7 jam untuk mencapai desa tersebut dari kota Palembang dengan tambahan 15 kilometer lagi untuk mencapai Gunung Dempo dari pusat desa. Perjalanan menuju gunung ini tidak akan membosankan karena wisatawan akan disajikan dengan pemandangan yang fantastis dari tebing dan lembah yang ditemani oleh udara segar yang belum banyak tercemar polusi. Kebun teh yang luas juga akan menemani perjalanan wisatawan.

Setelah perlengkapan sudah dibongkar, tenda dan kantung tidur sudah disiapkan, maka langkah selanjutnya adalah menaklukan tantangan Indonesia hiking trips di Gunung Dempo. Tas bawaan akan terasa semakin berat sejalan dengan langkah kaki yang perjalanan diawali dengan melewati kebun teh yang luas. Dengan pemandangan kebun teh secara perlahan berubah menjadi semak-semak liar, jalur mendaki semakin menanjak. Hal ini menandakan bahwa jalur pendakian yang sesungguhnya sudah tiba. Menurut para pendaki gunung, Gunung Dempo dikenal sebagai gunung yang memiliki jalur pendakian yang menantang.

Beragam lereng, kelokan tajam dengan jalanan datar yang sedikit, membuat gunung ini menjadi tantangan kesukaan bagi para pendaki yang menyukai tantangan. Aliran air, suara burung dan beragam suara alam lainnya menjadi latar yang menarik ketika memutuskan untuk istirahat dengan kondisi kaki dan tulang belakang yang lelah. Tetapi ketika sudah mencapai puncak gunung, maka semua kesusahan tersebut langsung hilang, dengan perasaan yang harmonis dengan alam. 

Pemandangan puncak dari Gunung Dempo sangat luar biasa dan dari titik puncak ini, pendaki bisa melihat horison luas dari ketinggian. Kepuasan yang tidak ternilai menutupi semua keringat dan kesulitan yang dialami, hadiah yang pantas setelah susah payah mendaki. Di puncak gunung, pendaki juga akan menemukan kawah gunung yang masih berasap dan sangat aktif. Memotret pemandangan di tempat ini bagaikan sebuah trofi dan sebuah hadiah setelah menaklukan sebuah tantangan

Selain puncak gunung, ada tempat wisata lagi yang bisa menjadi pilihan untuk menyatu dengan keindahan alam. Tempat wisata itu adalah air terjun Lematang Indah yang lokasinya tidak jauh dari Gunung Dempo. Di tempat ini, wisatawan bisa memanjakan matanya pada keindahan dari air terjun dan sungai yang mengalir di bawahnya. Sungai ini bisa menjadi tantangan arus yang pas untuk arung jeram, aktivitas tambahan yang sempurna setelah menaklukan puncak Gunung Dempo.

Temukan informasi pilihan mengenai Indonesia hiking trips di Super Adventure.

No comments:

Post a Comment