Monday, November 17, 2014

Nasihat Hiking Indonesia dari Gunung Bagging

hiking indonesia
sumber foto: ronovatravels

Negara Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki banyak gunung berapi yang masih aktif di planet bumi, hal ini berarti melakukan hiking Indonesia ke puncak gunung sering dihubungkan dengan bahaya. Saran dari pemerintah Indonesia dan agen gunung berapi internasional serta warga lokal harus diikuti dan dihargai. Karena ini menyangkut kehidupan dan kematian seseorang. Sebuah gunung berapi yang meletus di tahun ini mungkin akan menjadi tenang untuk waktu yang lama dan akan kembali meletus dalam beberapa waktu ke depan. Jadi jangan mengambil resiko untuk memaksanya karena bisa memiliki potensi untuk membunuh seseorang dalam prosesnya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan hiking Indonesia:

- Cuaca
Apakah cuaca akan menjadi panas dan terik di tingkat laut, tetapi pada ribuan meter kondisi cuaca bisa menjadi sangat berbeda dan bisa berubah dengan cepat serta drastis. Selalu membawa jaket yang tahan air, sunblock, peluit, peta, kompas, pakaian bersih, pakaian pelapis, kantung tidur, tenda, korek atau sesuatu untuk menyalakan api, makanan dan minuman yang cukup, dan perlengkapan P3K standar yang termasuk parasetamol. Di ketinggian 3.200 meter di atas permukaan air, tingkat oksigen telah berkurang di udara dan bisa membuat melangkah menjadi semakin sulit. Jika merasa tidak enak badan, turun beberapa ratus meter hingga merasa baik lagi. Jika mungkin, coba untuk memanaskan air gunung sebelum meminumnya, tetapi selalu membawa air yang berlebih dari apa yang diperkirakan karena akan dibutuhkan sebagai hal utama.

- Pemandu
Memandu melalui hutan tropis dan sawah yang luas bisa menjadi hal yang sulut, jalur yang dilalui kadang bercabang dan tidak ingin hanya untuk bergantung kepada keberuntungan dalam memilih jalur mana yang bisa membawa ke jalur yang benar. Merupakan hal yang terbaik untuk meminta bantuan pemandu lokal, meskipun jika sudah melakukan hiking Indonesia beberapa kali sebelumnya. Ini juga menjadi hal yang sangat penting untuk mengeaskan tujuan dalam mencapai puncak dari gunung, jika ini merupakan tujuan utama, karena konsep dari mencapai puncak kadang salah dipahami oleh warga lokal. Ini sering menjadi masalah karena pemandu berpikir ia telah membawa pendaki ke puncak meskipun, pendaki bisa melihat puncak yang letaknya sedikit di atas.

- Izin
Sayangnya, untuk bisa melakukan hiking Indonesia tidak selalu mudah seperti hanya membawa perlengkapan dan langsung menuju tempat tujuan. Beberapa area (khususnya taman nasional) membutuhkan izin atau perlu menandatangani buku tamu. Sering kali hal ini bisa diselesaikan dalam sehari tetapi adalah hal yang bagus untuk selalu membawa foto kopi dari halaman foto passport dan jenis identitas resmi lainnya. Kebanyakan daerah di Papua memerlukan izin yang bisa dilakukan lebih awal. Hal yang mengecewakan adalah Gede-Pangrango, Salah-Halimun, dan Taman Nasional Gunung Rinjadi tidak mengizinkan adanya pemanjat dari bulan Desember ke bulan Maret.

- Sampah
Perlu diingat untuk membawa semua sampah yang dihasilkan ke bawah. Sampah yang berserakan merupakan sebuah pemandangan yang banyak dan terlalu sering di pusat perkemahan, tetapi masih ada juga yang tempat yang cukup bersih dari sampah. Tidak memerlukan usaha yang berarti untuk membiarkan lingkungan alam sesuai dengan apa yang terlihat ketika pertama kali datang dalam melakukan hiking Indonesia.

Temukan berbagai informasi hiking Indonesia di aswirman.com.

No comments:

Post a Comment