Tuesday, December 15, 2015

Cari Tahu Batasan Untuk Ibu Hamil Minum Kopi Instan

ibu hamil minum kopi instan
sumber foto: theguardian

Tidak benar jika ada yang menyatakan bahwa ibu hamil minum kopi instan merupakan hal yang dilarang, melainkan ia harus membatasi konsumsinya. Selama hamil, wanita diminta untuk melepaskan sejumlah kebiasaan khususnya dalam pilihan makanan dan minuman yang sudah biasa mereka konsumsi, cara ini dilakukan untuk membantu mereka dalam menjaga bayi yang sedang tumbuh. Sejumlah makanan dan minuman yang disarankan untuk tidak dikonsumsi antara lain sushi, keju lunak, makanan laut dingin, es krim lembut dan alkohol, tetapi apakah kopi instan termasuk salah satu dari daftar tersebut?


Kafein merupakan obat yang paling umum digunakan di dunia, yang bisa ditemukan di dalam dedaunan, biji-bijian, kelopak dan buah dari rangkaian tanaman, termasuk diantaranya adalah daun-daun teh, biji-biji kopi dan kelopak kakao. Banyak dari mengonsumsi kafein dalam beberapa bentuk setiap hari, entah itu dalam kopi, teh, cokelat, minuman soda atau minuman tenaga. Kandungan ini memiliki efek simultan yang memiliki dosis rendah, yang bisa meningkatkan tenaga seseorang, membuat minuman seperti kopi merupakan minuman yang sempurna untuk dikonsumsi pagi hari atau ketika sedang kehabisan tenaga.

Tetapi apakah kafein aman untuk calon ibu dan bayinya? Ada panduan dari Australia yang merekomendasikan untuk membatasi konsumsi untuk menjadi kurang dari 200 miligram kafein perhari atau sekitar 1 atau 2 kopi instan dan 2 hingga 3 teh gelas. Kopi yang dibeli di cafe cenderung mengandung kafein yang lebih banyak dibandingkan dengan kopi instan, sehingga hanya perlu untuk mengonsumsi 1 kapucino atau latte perharinya. Menariknya, banyak wanita sudah tidak memiliki ketertarikan terhadap minuman kafein selama kehamilan.

Ada beberapa alasan kenapa ibu hamil harus membatasi konsumsi kafein hingga kurang dari 200 miligram per hari selama kehamilan. Dengan kafein merupakan simultan yang mempengaruhi sistem syaraf simpatik untuk memberikan peminumnya dengungan, mengirimkan pesan ke dan dari otak lebih cepat. Sehingga ketika seseorang menelan kopi lattenya, tingkat tenaganya mulai muncul bersama dengan detak jantung dan tekanan darah. Tetapi, ini adalah 2 fungsi yang perlu dipertahankan dalam rangkaian sehat selama kehamilan.

Tekanan darah akan sering meningkat selama kehamilan dengan tubuh bekerja untuk menangani peningkatan volume dan cairan darah. Apa kafein bisa lakukan adalah menaikan tekanan darah ibu hamil minum kopi instan dan detak jantung lebih jauh karena pengaruhnya dan sistem syaraf simpatik dan hal ini mampu memberikan lebih banyak beban kepada tubuh dan bayi. Kafein juga bisa mengurangi kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi, yang merupakan sebuah mineral yang banyak dibutuhkan selama hamil, membuat tempat penyimpanan zat besi berada di bawah tekanan ketika sedang memberik susu ASI.

Kafein bisa diserap dengan cepat ke dalam aliran darah dari saluran pencernaan, untuk ini akan memakan antara 15 hingga 30 menit sebelum mencapai bayi untuk dikonsumsinya. Kandungan ini juga akan tetap berada di darah untuk sekitar 12 jam. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi kafein mampu menurunkan berat badan bayi dan meningkatkan peluang bayi berukuran kecil ketika dalam kandungan. Disebutkan bahwa bayi yang kecil di dalam kandungan memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mendapatkan masalah kesehatan jangka pendek dan panjang.

Kenali batasan lainnya seperti ketika ibu hamil minum kopi instan di Merries.co.id.