Wednesday, October 29, 2014

Keindahan Alam Indonesia Bernama Pantai Ora

keindahan alam indonesia
sumber foto: ranselwisata 

Sebagai negara terbesar kedua yang memiliki garis pantai di dunia, Indonesia merupakan rumah dari pantai indah yang tidak terhitung jumlahnya dan telah memenangkan beberapa penghargaan karena keindahan alam Indonesia yang dimilikinya. Salah satu pantai yang berjasa tersebut adalah Pantai Ora, yang tersebunyi di pantai utara dari Pulau Seram. Sebuah tempat tujuan yang eksotik dan sangat terpencil, Pantai Ora merupakan tempat yang sempurna bagi wisatawan pencinta lingkungan dan pasangan yang ingin bulan madu.


Barisan penginapan nyaman yang terbuat dari kayu di sekitar garis pasir pantai putih, yang terlihat air jernih dari Teluk Sawai dan dengan latar belakang jurang kapur dan gunung yang megah, dilapisi tumbuhan yang subur dan tropis. Pulau Seram sangat dikenal berkat kehidupan burung yang berlimpah di daerahnya. Sekitar 117 spesies burung ditemukan di pulau ini dan 14 diantaranya asli Pulau Seram.

Pulau Seram merupakan pulau terbesar di provinsi Maluku, dengan ukuran sekitar 16.000 kilometer persegi dan hingga kini penghuni yang tinggal di pulau ini hanya sekitar 170.000 jiwa. Pulau ini terbentang di bagian utara dari bagian lebih kecil dan lebih bersejarah dari pulau yang terkenal dimiliki Ambon. Provinsi Maluku berlokasi diantara 2 kepulauan besar Indonesia yakni Sulawesi dan Maluku.

Lokasi geografis dari Pulau Seram berada di tengah-tengah beberapa lempeng tektonik, yang memberikan pulau tersebut daerah yang sangat rumit. Adanya pegunungan pusat yang memanjang di sebagian besar pulau, Gunung Binaya adalah gunung tertinggi dengan ketinggian yang sedikit melebihi 3.000 meter. Pulau Seram ini banyak dilindungi oleh hutan hujan tropis yang padat, membatasi dari satu sisi dari tebing yang menjulang dan di sisi lainnya oleh pantai dengan pasir putih dan dikelilingi oleh laut berwarna biru yang jernih.

Sebagai pulau yang dikelilingi banyak gunung dan hutan hujan tropis, Pulau Seram menawarkan banyak kesempatan bagi para pasangan untuk mengikuti kegiatan luar ruangan seperti trekking, hiking dan sebagainya. Untuk wisatawan yang memiliki kesabaran dan penglihatan yang bagus, mereka bisa melihat banyaknya kehidupan burung yang unik yang dimiliki oleh Pulau Seram ini.

Lautan yang mengelilingi pulau ini sangat ternih, yang juga merupakan rumah untuk terumbu karang dengan perpaduan warna yang bisa memberikan tampilan yang sangat indah. Banyaknya juga tipe ikan dan mahkluk samudtra yang tinggal di dalamnya, banyak diantaranya bisa terlihat bahkan sebelum menyelamkan diri ke bawah laut. Teluk Sawai yang menghadap Pantai Ora, adalah tempat yang paling terkenal di pulau ini untuk menyelam dan snorkeling.

Kegiatan ini bisa melihat secara lebih dekat kebun bawah laut yang sangat mengagumkan dan para penduduknya. Pulau Seram belum memiliki toko menyela, sehingga wisatawan yang ingin melihat keindahan alam Indonesia ini disarankan membawa peralatan menyelam sendiri atau menyewa ketika mereka berada di Ambon sebelum melanjutkan perjalanan mereka kepulau Seram dan Pantai Ora.

Kumpulan keindahan alam Indonesia di Aswirman.com.

No comments:

Post a Comment