Thursday, October 30, 2014

Tips Dari Profesional Untuk Para Pemula Dalam Panjat Tebing

panjat tebing
 sumber foto: peek
Stewart Green sudah jatuh cinta dengan panjat tebing ketika usianya sudah 12 tahun ketika ia menjelajahi lempengan granit dari Cheyenne Canyon Utara di Colorado Spring. Hampir 50 tahun kemudian, ia menjadi seorang ahli dari olahraga ini dengan menjadi penulis dari 19 buku. Yang kebanyakan dari buku-buku yang ditulisnya tersebut merupakan panduan dalam panjat tebing.


Ia memanjat ke berbagai daerah di dunia dan menyukai melihat pemanjat baru dalam mengembangkan kemampuannya. Sekembalinya dari perjalanan memanjat dan fotografi ke California. Ia bersedia duduk untuk dimintai tips-tips panjat dinding untuk para pemula:

1. Carilah gym memanjat, karena menurutnya panjat tebing dalam ruangan itu mudah dan aman, dan merupakan cara yang bagus untuk mencoba olahraga ini dan mengetahui apa saja tantangan yang dihadapi dalam olah raga ini. Para pemanjat bisa meminjam perlengkapan, mendapatkan petunjuk dan belajar kemampuan dasar dari memanjat. Ia mengatakan bahwa ketika berada di gym panjat dalam ruangan, perhatikan pemanjat berpengalaman. Berkenalan dengan pemanjat lainnya di dalam gym tersebut dan belajar dari pengalaman mereka.

2. Belajar bahasanya, sepatu memanjat adalah sepatu dengan sol halus yang terbuat dari karet yang sangat lengket. Sebuah pengikat adalah ikat yang memutari sekitar kaki dan pinggang pemanjat dan memiliki pengikat yang terhubung dengan tali. Sebuah penambat adalah alat logam yang digunakan dalam penambatan (satu pemanjat mengamankan tali untuk pemanjat lainnya ketika ia naik) atau dalam rapeling (mengenalikan penurunan tali ke dasar). Pengunci carabiner adalah logam penghubung yang menghubungi tali memanjat dengan pengikat.

3. Sempurnakan gerakan dan kemampuan panjat tebing sebelum pindah ke medan luar ruangan menghadapi tebing sungguhan. Pertimbangkan untuk membangun tempat panjat sendiri. Dengan begitu, pemanjat bisa memanjat ke ketinggian yang rendah dan belajar teknik sendiri.

4. Setelah merasa sudah siap untuk memanjat luar ruangan, perlu menyadari bahwa memanjat tebing adalah olahraga yang berbagaha. Kemampuan panjat dalam ruangan yang paling hebat tidak tentu disiapkan untuk pengalaman panjat luar ruangan yang aman.

5. Untuk membuat pengalaman panjat luar ruangan yang seaman mungkin, lakukan dengan pemanjat berpengalaman. Sewa seorang pemandu atau mengambil pelajaran memanjat luar ruangan dari layanan pemandu.

6. Bahkan jika akan melakukan panjat bersama kelompok yang berisi pemanjat berpengalaman, jangan bergantung kepada mereka untuk keselamatan pemanjat pemula. Miliki tanggung jawab sendiri. Belajar untuk mengikat simpul sendiri, periksa simpul, lalu ikat simpul tersebut ke tali dan serta jangan lupa periksa jangkar.

7. Perlu diingat kalau panjat tebing tidak hanya membutuhkan tangan, banyak orang yang bertanya kepada Stewart mengenai apakah tangan mereka sudah cukup kuat. Ia biasanya memberikan jawaban iya, karena pada kenyataanya pemanjat lebih banyak menggunakan betis dan kaki untuk mendorong dirinya dibandingkan tangan untuk menarik dirinya ke atas.
Dapatkat tips lainnya untuk panjat tebing di Aswirman.

No comments:

Post a Comment