Friday, February 27, 2015

Sejumlah Kemampuan yang Terjadi Pada Perkembangan Bayi 4 Bulan Ke Atas

perkembangan bayi 4 bulan ke atas
sumber foto: babywisemom

Berguling, mendengar atau tertarik pada benda-benda mengkilap adalah beberapa kemampuan yang terjadi pada perkembangan bayi 4 bulan ke atas yang perlu diketahui oleh orang tua. Kemampuan bayi untuk berguling merupakan sesuatu yang kemungkinan bisa terjadi di bulan ini. Usia bayi bisa pertama kali berguling bervarias, beberapa bayi sudah bisa melakukannya ketika usia 3 bulan, beberapa bayi lainnya belum bisa berguling hingga usianya 6 atau 7 bulan. Sehingga kemungkinan kemampuan ini bisa dimiliki bayi adalah di bulan dan bisa juga tidak. Orang tua tidak bisa memaksakan kemampuan ini tetapi bisa dengan perlahan mendorong bayi mempercepat menguasai kemampuan ini dengan menempatkan mainan kesukaanya di sisi bayi dan perhatikan apakah bayi akan berguling untuk meraihnya.


Obsesi terhadap mainan tertentu


Bayi akan terkesima terhadap segala hal yang memiliki tekstur di usia 4 bulan, seperti tekstur berkerut, mengkilap, menggumpal atau berbulu. Kebanyakan dari benda-benda yang disentuh bayi, apapun teksturnya, akan melaju langsung ke mulutnya. Kadang bayi akan secara tidak sengaja memukul dirinya sendiri pada bagian wajah dengan mainan lalu ia akan menangis, sambil memberikan tatapan bahwa kenapa orang tuanya tidak memberitahu akibat memukul wajah dengan mainan.

Mendengarkan orang berbicara


Jika orang tua dengan seksama mendengarkan ocehan bayi, maka bisa didengar bayi menghasilkan suara yang memiliki huruf konsonan dan huruf vokal, seperti suara huruf p dan b ketika mereka sedang merasa tidak senang dan suara parau seperti huruf j dan k ketika mereka sedang merasa senang. Bayi mungkin juga bisa meniru suara-suara yang dikeluarkan oleh orang tuannya, jadi ketika orang tua coba mengucapkan kata 'boo', maka bayi mungkin mencoba untuk mengucapkan kata tersebut.

Pertumbuhan gigi bayi


Bayi tumbuh gigi pertamanya di jarak waktu dari usia 3 bulan hingga 1 tahun, tetapi bayi mungkin mulai menggigiti tangan mereka dan suka menyentuh gusi mereka di usia ini dalam persiapan untuk cobaan dan penderitaan yang akan mereka alami. Jika bayi memiliki bercak merah di gusi mereka dan sering mengeces, maka orang tua akan tahu bahwa gigi pertamanya, yang biasa tumbuh pertama kalo adalah gigi bawah bagian depan, akan segera muncul.

Apa yang telihat oleh bayi


Penglihatan bayi telah benar-benar muncul setelah melewati masa-masa pandangan kabur pertama ketika baru dilahirkan. Bayi kini bisa melihat sepanjang ruangan, meskipun kebanyakan bayi masih akan memilih untuk melihat segala hal yang ada di dekatnya. Jika orang tua menyadari bahwa sang bayi memiliki kondisi mata juling, maka mereka perlu memberitahukan masalah ini kepada dokter anak karena hal ini penting untuk diperiksa dan disembuhkan.

Pelajari lebih lanjut mengenai perkembangan bayi 4 bulan ke atas di Merries Indonesia.

No comments:

Post a Comment