Tuesday, February 17, 2015

Persiapan Menghadapi Perkembangan Bayi 5 Bulan Ke Atas

sumber foto: trinityphoto

Orang tua perlu memiliki persiapan yang matang dalam menghadapi perkembangan bayi 5 bulan ke atas, karena usia 5 bulan merupakan masa transisi bayi. Orang tua bisa menunggu bayinya melakukan percobaan pertama untuk berbicara dengan sungguh-sungguh. Bayi juga mempersiapkan dirinya untuk bisa merangkak, yang berarti orang tua perlu siap-siap untuk menguras tenaga karena bayi akan sering bergerak. Berikut ini adalah beberapa pencapaian bayi di usia 5 bulan.


Bayi yang berusia 5 bulan sudah bisa duduk dalam waktu yang cukup lama. Bayi mungkin masih perlu untuk diberikan bantal untuk membantunya duduk tetapi ia mungkin juga bisa untuk duduk tanpa diberi bantuan dalam beberapa saat. Beberapa bayi yang berusia 5 bulan sudah mulai bisa berguling dari posisi terlentang menjadi berbaring. Setelah bayi sudah memiliki kemampuan untuk berguling, orang tua mungkin melihat bahwa bayi akan lebih banyak menggerakkan kakinya. Ia mempersiapkan dirinya untuk merangkak dan menggeserkan diri, yang akan berlangsung dalam beberapa bulan lagi.

Tetapi orang tua perlu mengingat bahwa ketika bayi sudahbisa berguling, pastikan untuk tidak pernah untuk meninggalkannya di kasur atau tempat yang berada tinggi dari permukaan tanpa adanya pembatas karena ia bisa saja berguling ke bawah dan terluka. Hal lain yang akan terlihat pada perkembangan bayi 5 bulan ke atas adalah genggaman bayi akan menjadi semakin kuat. Ia bisa menarik benda yang berada dekat dengan dirina dan mengambilnya lalu meletakkan benda tersebut di telapak tangannya dan ia juga bisa memindahkan benda tersebut dari satu tangan ke tangan satunya. Bayi berusia 5 bulan mungkin sudah bisa untuk memegang botol susu atau cangkir plastik minumannya.

Kebanyakan bayi yang sudah berusia 5 bulan sudah bisa tidursepanjang malam, tetapi tidak semua bayi memiliki kemampuan ini. Untuk mendorong bayi mendapatkan ritme waktu tidur malam yang rutin adalah dengan orang tua menetapkan waktu tidur yang rutin. Dimulai dengan memandikan dengan air panas, lalu masuk ke sesi bernyanyi lagu anak-anak dan membacakan cerita dan tidak lama kemudian mata bayi akan terpejam. Biasakan untuk menaruh bayi ke tempat tidurnya dalam keadaan mengantuk, dari pada sudah tertidur. Dengan cara ini, bayi akan belajar untuk menenangkan dirinya untuk tidur dari pada mengandalkan orang tuanya.

Di siang hari, bayi masih akan membutuhkan 2 kali tidur siang, waktu tidur siang pertama dilakukan di pagi hari dan yang kedua setelah jam makan siang. Coba untuk tidak menunda tidur siang sampai bayi sudah merasa lelah. Lalu langsung menaruh bayi ke tempat tidurnya jika tanda mengantuknya sudah terlihat. Kemampuan melihat bayi berusia 5 bulan akan terus meningkat. Pada saat ini, bayi belum memiliki penglihatan 20/20, tetapi merek bisa melihat dengan baik pada perbedaan jarak dan matanya bisa berfokus secara bersamaan tanpa adanya penyilangan.

Pada perkembangan bayi 5 bulan ke atas, penerimaan warna pada bayi sudah dipertajam sehingga mereka bisa melihat perbedaan antara 2 bayangan dari warna yang sama. Tetapi bayi berusia 5 bulan masih lebih memilih warna-warna utama seperti merah, biru dan kuning. Bayi di usia ini seharusnya sudah banyak mengoceh, dan ocehan yang ia lontarkan seakan terdengar seperti kata-kata sungguhan. Bayi berusia 5 bulan bisa mulai mengatakan kata yang memiliki konsonan dan kata vokal bersamaan seperti ma-ma dan pa-pa. Tetapi orang tua jangan merasa senang terlebih dahulu, karena bayi masih belum mengetahui arti dari kata-kata tersebut. Oleh karena itu, jangan kecewa kalau bayi berusia 5 bulan salah menyembutkan, seperti mengatakan kata ma-ma dihadapan ayahnya dan pa-pa di hadapan ibunya.

Cari tahu apa saja yang terjadi pada perkembangan bayi 5 bulan ke atas di Merries Indonesia.

No comments:

Post a Comment