Friday, November 14, 2014

Yang Terjadi Pada Perkembangan Bayi 6 Bulan Pertama

perkembangan bayi
sumber foto: plus.google

Dari bayi baru lahir yang tidak bisa berbuat apa-apa hingga menjadi balita yang aktif, hanya membutuhkan waktu yang pendek selama 12 bulan untuk bayi melalui transformasi yang luar biasa ini. Perkembangan bayi dan perubahannya terjadi dalam kecepatan yang menakjubkan dan setiap bulan terdapat perkembangan baru yang menyenangkan. Orang tua baru sering membayangkan apa yang akan terjadi selanjutnya dan bagaimana mengetahui apakah perkembangan bayi sudah sesuai target.


Jangan terlalu memfokuskan dalam pencapaian perkembangan, meskipun, adalah hal yang penting untuk mengingat bahwa bayi semuanya menjalani perkembangan dalam kecepatannya masing-masing. Ada jangkauan yang luas untuk ketika ini merupakan waktu yang normal untuk bayi mencapai babak tertentu dalam pertumbuhannya. Seorang dokter anak yang juga rekan penulis buku anak, Jennifer Shu, mengatakan bahwa jika bayi mencapai pencapaian perkemabngan lebih cepat, ia mungkin akan mencapai perkembangan lainnya lebih lambat karena ia akan menjadi sibuk dalam menyempurnakan kemampuan lainnya.
 
Beberapa bayi mungkin akan mengucapkan kata pertamanya di usia 8 bulan, dimana beberapa bayi lainnya belum berbicara sampai sedikit lebih telat, sekitar 1 tahun. Sedangkan berjalan bisa dimulai di antara usia 9 hingga 18 bulan. Untuk mengingat berbagai variasi dari pencapaian perkembangan bayi di pikiran, di bawah ini adalah beberapa pencapaian perkembangan bayi di tahun pertama.
 
Perkembangan bayi 1 hingga 3 bulan
Dalam tahap perkembangan pertama ini, tubuh dan otak bayi sedang belajar untuk tinggal di dunia lain. Antara semenjak dilahirkan hingga usia 3 bulan, bayi mungkin akan mulai untuk:
- Tersenyum. Sejak awal, ini akan hanya untuk dirinya sendiri. Tetapi ketika memasuki usia 3 bulan, ia akan tersenyum dalam merespon dari senyuman orang tua dan mencoba untuk membuat orang tuanya membalas senyumannya
- Mengangkat kepala dan dada ketika sedang tengkurap
- Mengikuti gerakan obyek dengan matanya dan perlahan mengurangi kebiasaan menyimpangkan mata
- Membuka dan menutup tangannya dan memasukkan tangan ke mulut
- Menggenggap obyek di tangannya
- Menggapai tangannya untuk meraih obyek yang tergantung, meskipun ia masih belum bisa meraihnya
 
Perkembangan bayi 4 hingga 6 bulan
Selama bulan-bulan ini, bayi sedang benar-benar belajar untuk meraih dan memanipulasi keadaan di sekitarnya. Mereka sedang menguasai penggunaan dari tangannya. Mereka juga menyadari suaranya sendiri. Di usia 4 hingga 6 bulan, bayi kemungkinan sudah bisa:
- Berguling dari kiri ke kanan dan dari kanan ke kiri. Biasanya berguling dari kanan ke kiri menjadi yang pertama yang bisa dilakukan
- Mengoceh, membuat suara yang bisa terdengar seperti berbicara dengan bahasa sungguhan
- Tertawa
- Mengulurkan tangan untuk meraih obyek, dan memanipulasi mainan dan obyek lainnya dengan tangannya
- Duduk dengan dukungan dan memiliki pengendalian kepala yang bagus

Cari tahu informasi lainnya tentang perkembangan bayi di aswirman.

No comments:

Post a Comment