Wednesday, September 17, 2014

Apa Saja yang Terjadi Pada Perkembangan Bayi di 1 Bulan Pertama

perkembangan bayi

Bayi yang berusia 1 bulan akan menjadi lebih kuat dan ia mungkin sudah bisa mengangkat kepalanya dalam beberapa saat ketika sedang digendong. Orang tua masih harus memeberikan kepala bayi banyak dukungan atau pegangan. Bayi juga menjadi lebih berekspresi dan mungkin mulai merasa kegirangan ketika melihat orang tuanya. Orang tu bisa menjawab sambutan dari kemampuan perkembangan bayi ini untuk mendorong kemahiran dalam kemampuan berkomunkasi.


Bagaimana orang tua bisa merasakan perkembangan bayinya, bayi yang berusia 1 bulan adalah ia akan menjadi lebih sensitif terhadap sekitarnya. Penglihatan dan pendengarannya menjadi berkembang lebih baik, sehingga ia akan lebih menyadari apa yang terjadi di sekitarnya. Orang tua mungkin akan melihat bayinya menanggapi dengan senang terhadap mainan berwarna, kepada wajah dan suara orang tua. Bayi di usia 1 bulan juga mungkin bereaksi terkejut jika mendadak ada suara.

Kepala bayi di usia ini masih membutuhkan banyak dukungan ketika digendong, tetapi otot lehernya sudah menjadi lebih kuat. Ini berarti bahwa bayi mungkin sudah bisa diangkat kepalanya untuk waktu yang singkat ketika sedang terlentang atau ketika sedang digendong ke atas. Bayi mungkin juga bisa mengangkat kepalannya dalam beberapa detik ketika sedang berbaring menggunakan perutnya dan ia bahkan bisa menggerakan kepalanya ke sisi kanan dan kiri. Ketika bayi dibawa menaiki mobil di bangkunya, ia mungkin bisa mengangkat kepalanya jika ia mendapat banyak dukungan. Orang tua bisa menggunakan sandaran kepala bayi yang khusus untuk membantunya.

Jika meletakan mainan di depan bayi 1 bulan maka ia mungkin hanya akan melihatnya dan mencoba meraihnya, tetapi ia belum bisa untuk memegangnya, Ia mungkin bisa membuat tangannya menutup, bahkan ketika ia menyentuh dengan sebuah mainan. Bayi hanya baru menyadari bahwa tangan dan kakinya terpasang ke tubuhnya. Sehingga ini akan memakan waktu sedikit lama sebelum ia mengetahui bagaimana cara kerjanya dan apa yang bisa dilakukannya.

Orang tua juga akan menyadari sejak awal untuk membukat tangannya dari waktu-ke-waktu. Ketika orang tua menyentuh telapak tangannyam maka ia akan menggerakan jari-jarinya ke tangan orang tua. Ini adalah sebuah momen yang merupakan respon yang alami dan spontan. Reflek menggenggam ini adalah sebuah respon natural dan alami pada 8 minggu pertama dalam kehidupan bayi. Orang tua bisa memainkan permainan yang bisa membantu bayi menjelajah tubuhnya.

Mengenai perkembangan bayi yang normal, setiap bayi pada dasarnya unik dan mencapai berbagai pencapaian yang biasa di alami bayi dalam kecepatannya masing-masing. Berikut ini adalah panduan sederhana untuk apa yang mungkin bisa dilakukan bayi saat usia 1 bulan atau tidak lama lagi bisa ia lakukan. Jika bayi lahir secara prematur, maka ia mungkin akan menemukan dirinya membutuhkan waktu yang lebuh sebelum ia bisa melakukan hal yang sama dengan bayi lainnya yang seusiannya. Inilah kenapa dalam menghitung perkembangan bayi, sang buah hati diberikan 2 umur oleh dokter. Umur dari tanggal kelahiran prematur dan umur dari tanggal yang seharusnya ia dilahirkan.

Informasi perkembangan bayi di Aswirman.

No comments:

Post a Comment