Monday, March 2, 2015

Petunjuk Aman dan Benar Dalam Mengganti Popok Bayi Baru Lahir yang Bagus

popok bayi baru lahir yang bagus
sumber foto: alldonemonkey

Bayi baru lahir diperkirakan membutuhkan 2 hingga 6 popok bayi baru lahir yang bagus dalam 2 hari pertamanya dan 6 hingga 10 popok setiap harinya setelah hari kedua. Mengganti popok merupakan tugas orang tua yang penting sekaligus menyenangkan dalam bagian mengurus bayi baru lahir. Penggantian popok merupakan waktu yang sempurna bagi orang tua untuk berdiskusi, bermain dan mengenal bayi baru lahir.

Menjaga agar bokong bayi tetap bersih dan kering akan membantu mencegah atau mengobati ruam popok. Ganti popok bayi baru lahir setiap 2 hingga 3 jam dan secepat mungkin jika popoknya sudah diisi kotoran. Orang tua tidak harus membangunkan bayi untuk mengganti popoknya. Bayi bisa menjadi rewel ketika diganti popoknya. Juga, memaparkan kulit bayi ke udara dan mendinginkannya, kain lap basah bisa menyebabkan kulit bayi menjadi basah lagi. Penggantian popok bisa berjalan lancar dengan menyediakan segala hal yang dibutuhkan dalam jangkauan sebelum memulai.

Ibu akan membutuhkan popok bersih, ember berisi air hangat dan kain lap, salep popok atau minyak ter. Tisu toilet yang lembut bisa menjadi hal yang bagus untuk membersihkan daerah kotoran bayi. Juga sediakan setelan pakaian bersih jika misalnya kotoran dari popok bocor dan mengenai pakaian bayi. Orang tua dilarang keras meninggalkan atau melepaskan pegangannya ke bayi di meja penggantian popok. Langkah selanjutnya adalah orang tua melepas popok kotor dan membersihkan daerah kulit bayi yang ditutupi popok dengan kain lap yang dicelupkan ke air hangat. Tisu khusus atau sabun merupakan hal yang tidak diperlukan.

Tisu bayi komersial bisa digunakan, tetapi perlu hati-hati karena beberapa bayi memiliki kulit yang sensitif terhadap tisu ini yang bisa menyebabkan mereka mengalamai lecet kulit. Ibu bisa menggunakan tisu toilet yang lembut untuk membersihkan kotoran bayi sebelum membersihkannya lagi menggunakan kain lap. Pastikan untuk membersihkan anus dan juga semua kotoran. Untuk mencegah infeksi saluran kemih pada bayi perempuan, bersihkan daerah alat kelaminnya dari depan ke belakang. Untuk bayi laki-laki, angkat kantung kemaluannya dan bersihkan kulit yang berada di bawahnya. Pastikan untuk membersihkan daerah tersebut untuk menghindari iritasi kulit akibat kotoran.

Bersihkan bagian kulit yang ditutupi popok hingga kering. Hindari untuk menggunakan bedak, karena jika bayi menghirup bedak dan masuk ke paru-parunya maka bisa mengakibatkan masalah pernapasan. Untuk menghindari ruam popok, oleskan sedikit minyak ter ke bagian kulit yang ditutupi popok. Jika daerah popok berubah warna menjadi merah, lebih sering mengganti popoknya dan memaparkan daerah kulitnya tersebut ke udara. Jika ibu melihat daerah anus bayi berwarna merah, hal ini bisa terjadi karena ibu tidak membersihkan daerah tersebut hingga kering dalam proses penggantian popok. Ibu juga diminta untuk selalu mencuci tangan setelah mengganti popok.

Jika bayi mengalami ruam popok, bersihkan kulitnya menggunakan sabun ringan dan air hangat. Oleskan sedikit salep seng oksida di kulit bayi yang tertutp oleh popok setiap kali ketika penggantian popok. Kulit bayi sangat lembut shingga perlu mengusap daerah ini dengan sangat hati-hati. Untuk menghindari penyebab terjadinya ruam popok, coba melakukan penggantian popok lebih sering. Selain itu, cari popok bayi baru lahir yang bagus meskipun perlu dilakukan beberapa kali pergantian.

Perluas pengetahuan mengenai popok bayi baru lahir yang bagus di merries.co.id.

No comments:

Post a Comment