Tuesday, January 27, 2015

Perawatan Bayi Baru Lahir Dari Hari Ke Hari

perawatan bayi baru lahir
sumber foto: ageofinnovation

Sebagai ibu, beberapa hari pertama setelah melahirkan biasanya akan dihabiskan untuk belajar bagaimana perawatan bayi baru lahir. Untuk ibu yang memiliki anak kedua atau seterusnya, mengingat bagaimana cara yang ia lakukan sebelumnya perlu memakan beberapa waktu. Gaya mengasuh ibu mungkin perlu diatur untuk menanggapi keadaan baru ini. Orang tua baru mungkin merasa gugup mengenai cara mengenakan pakaian bayi yang benar, memandikan bayi baru lahir, dan mengasuh bayi yang tepay. Hal ini memang sangat normal, tetapi orang tua bisa mempelajari semua ini dengan cepat.


Dasar perawatan bayi baru lahir hari ke hari

Kebanyakan orang tua merasa bahwa mereka belajar mengenai merawat bayinya dengan langsung melakukannya. Kemampuan yang mereka dapatkan datang secara alami setelah beberapa percobaan dan mereka terus melanjutkannya. Mereka mungkin saja memiliki 10 lebih cara untuk mengganti popok bayi, yang mereka anggap selama keadaan bersih dan bayi tidak menangis lagi maka pekerjaan yang mereka lakukan dianggap berhasil. Berikut ini adalah perawatan dan kebutuhan bayi baru lahir dalam 2 minggu pertama:

- Penggantian popok. Orang tua akan mengganti popok bayi dalam jumlah yang banyak sehari, sehingga persiapan yang matang tentu saja sangat membantu. Siapkan tempat untuk mengganti popok yang memiliki ketinggian yang nyaman dan tidak membahayakan bayi. Pastikan semua perlengkapan yang dibutuhkan dekat untuk dijangkau seperti popok bersih, kain lap, salep dan sebagainya, dan orang tua perlu cepat dalam melepas popok kotor, membersihkan bayi dan mengenakan popok bersih.

- Merawat tali pusar. Menjaga tali pusar bayi tetap bersih merupakan masalah bagaimana cara membersihkannya dengan air hangat dan lap hangat hingga waktu tali pusar lepas.

- Memandikan bayi baru lahir. Proses memandikan bayi baru lahir untuk pertama kalinya bisa menjadi sesuatu yang menegangkan. Coba untuk memandikan bayi untuk pertama kali di rumah sakit, dengan seorang perawat yang ada di samping untuk memberikan petunjuk. Memandikan bayi seharusnya berada di ketinggian yang nyaman, dengan handuk, sabun dan perlengkapan lain yang akan dibutuhkan berada dengan dengan jangkauan tangan. Jangan memandikan bayi terlalu lama, pusatkan memandikan bayi untuk membersihkan muka dan tubuh bayi. Siapkan pakaian bayi sebelumnya sehingga setelah bayi dikeringkan ia tetap bisa merasa hangat dengan pakaian yang ia kenakan.

- Mengenakan dan melepas pakaian bayi. Bayi akan membutuhkan mengenakan satu lapis pakaian atau lebih untuk bisa menjaga kehangatan yang ada di dalam tubuhnya. Sehingga kenakan satu kaos dan pakaian setelan dalam beberapa hari pertamanya. Longgarkan lubang leher, tangan dan kaki supaya bayi bisa dengan nyaman untuk mengenakan pakaian tersebut.

- Membedong atau membungkus bayi. Kebanyakan bayi baru lahir menyukai ketika ia dibungkus atau dibedong, untuk itu orang tua perlu meminta tips dari suster cara melakukannya sebelum meninggalkan rumah sakit. Sebelum membungkus bayi untuk pertama kali, latihlah kemampuan ini dengan membungkus boneka bayi. Jika merasa kemampuan membungkus bayi sudah benar, maka bisa mulai menerapkannya pada bayi.

Yang perlu diketahui orang tua mengenai perawatan bayi baru lahir di aswirman.com.

No comments:

Post a Comment