Wednesday, January 28, 2015

Pantai Dato Menyimpan Keindahan Alam Indonesia yang Dimiliki Sulawesi Barat

keindahan alam indonesia

Pantai dengan pasir putih lembut, air laut yang jernih, tebing-tebing yang menjulang tinggi, susunan bebatuan yang indah, pohon-pohon palem yang bergoyang, gambaran penjelasan keindahan alam Indonesia ini mungkin banyak orang mengira dari suatu tempat di Pulau Bali, tetapi sebenarnya bukan. Jauh dari kumpulan tempat-tempat berlibur terkenal di pulau-pulau besar, Pantai Dato memiliki semua keindahan tersebut yang tersembunyi di daerah Majene, Sulawesi Barat.


Kota Majene berlokasi di Teluk Mandah, daerah selatan menuju kota Mamuju dan lebih dekat dengan kota Polewali, Sulawesi Barat. Pantai Dato berjarak hanya 1 kilometer dari kota Banggae, pusat dari daerah Majene atau sekitar 3.5 jam perjalanan dari Mamuju, ibu kota dari Sulawesi Barat. Pulau ini memiliki keunggulan dengan susunan bebatuan yang indah di satu sisinya dan pantai dengan pasir putih yang membentang di bawah tebung-tebing di sisi lainnya.
 
Pantai pasir putih yang lembut membuat tempat ini menjadi tempat yang sempurna untuk melakukan semua jenis permainan di pantai, seperti voli pantai, sepak bola pasir, atau membangun istana dari pasir putih. Selain untuk bermain, di garis pantai dengan pasir putih lembut ini para pengunjung bisa melihat bahwa tempat ini juga merupakan tempat tinggal dari berbagai kelomang atau kepiting pertapa yang tedapat dalam ukuran yang bervariasi dan juga memiliki cangkang yang beragam juga. Krustasea unik ini akan tentu saja menarik rasa penasaran dari para pengunjung yang masih muda untuk melihat kehidupan binatang ini.
 
Keadaan air di Pantai Dato cukup tenang, yang tentu saja membuat tempat ini semakin sempurna untuk dikunjungi. Wisatawan bisa dengan tenang berenang mengarngi sepanjang pantai ini atau hanya sekedar untuk bermain-main saja. Pada bagian bawah laut, pantai ini juga memiliki terumbu karang murni beserta berbagai ikan yang berwarna-warni dan penghuni laut lainnya yang tentu saja akan memuaskan pengalaman dari para pengunjung yang datang untuk melakukan snorkeling dan diving.
 
Kaya akan berbagai jenis ikan, membuat daerah perairan di Pantai Dato juga bisa menjadi tempat yang cocok untuk memancing. Untuk melihat keindahan alam Indonesia di tempat ini dengan lebih jelas, pengunjung bisa menuju susunan bebatuan di sisi ujung barat pantai, setelah itu menaiki tangga yang akan membawanya menuju ke puncak dari tebing. Dari puncak ini akan terpampang pemandangan sangat luar biasa dari bentangan samudra yang ada di hadapan.

Untuk menuju pantai ini, wisatawan bisa menyewa kendaraan dari Mamuju, ibu kota Sulawesi Barat untuk mencapai Pulau Dato. Perjalanan dari Mamuju ke Mejene daerah di pulau tersebut akan memakan waktu sekitar 3 jam 30 menit. Meskipun beberapa keadaan dari jalan di perjalanan akan sedikit rusak tetapi pemandangan menawan yang menemaninya akan mengurangi rasa tidak nyaman. Pemandangan yang bisa terlihat dalam perjalanan adalah ketika mendekati Pantai Taraujung Pokki Taduang dan daerah Pantai Baluno. Setelah memasuki pusat daerah Majene, belok kanan dan setelah melihat papan reklame yang mengatakan Villa Bogor Hotel. Dari sini, jalan lurus sekitar 1 kilometer menuju pantai. Perlu diingat bahwa tidak ada tanda yang menyebutkan arah menuju pantai, jadi ketika merasa ragu jangan sungkan untuk menanyakan arah.

Ketahuilah berbagai tempat yang termasuk dalam keindahan alam Indonesia di Aswirman.com.

No comments:

Post a Comment