Monday, January 26, 2015

Karimunjawa Termasuk Dalam Diving Indonesia Map yang Wajib Dikunjungi

diving indonesia map
sumber foto: youtube

Para wisatawan yang menjadikan Jawa Tengah sebagai tujuan liburan, tidak perlu lagi pergi jauh untuk menikmati kehidupan laut, di atas dan di bawah laut karena keberadaan Karimunjawa sudah dimasukkan ke dalam diving Indonesia map yang harus dikunjungi. Kepulauan Karimunjawa yang berlokasi di Laut Jawa, berada di sebelah utara dari ibu kota Semarang, memiliki semua hal yang menarik untuk para penyelam dan backpacker yang menikmati perjalanan dan snorkeling di pantai yang suci.


Taman Nasional Karimunjawa merupakan satu dari 7 Taman Laut Nasional di Indonesia. Wisatawan hanya membutuhkan perjalanan selama 4 hingga 5 jam dari Semarang, setelah sampai di lokasi, wisatawan akan dikelilingi oleh keindahan alam yang membuat kebanyakan orang enggan untuk pulang dan ingin tinggal dalam waktu lama di tempat ini. Terpisah dari Pulau Jawa, daerah cagar laut ini jauh dari hiruk-pikuk ibu kota, meskipun secara geografis pulau ini hanya berjarak 120 kilometer dari pantai utara Semarang antara Jawa dan Kalimantan. Jumlah jarak yang membentuk pagar alami dari penurunan fisikal dan membuat budaya di pulau ini tetap bertahan dari pengaruh modern.
 
Karimunjawa sebelumnya dinyatakan sebagai Kawasan Konservasi Laut di tahun 1986 yang mencakup sebagian 272.000 acre, dengan bagian terbesarnya merupakan lautan. Lalu pada 22 Februari 1999, Taman Nasional Karimunjawa terbentuk. Pantai dan laut suci di tempat ini merupakan rumah untuk terumbu karang yang sehat dan tersebar dalam luas area sepanjang 80 kilometer hingga Pantai Kartini Jepara, kota di Jawa Tengah, yang dikenal sebagai tempat pembuatan furunitur.
 
Sebagai taman laut nasional yang masuk ke dalam diving Indonesia map, Karimunjawa merupakan campuran dari 5 ekosistem yang berbeda. Hal ini bisa menjadi serangkaian dari petualangan alam untuk berbagai wisatawan. Terumbu karang, padang lamun dan rumput laut adalah beberapa ekosistem laut yang bisa ditemukan sedangkan hutan bakau lebat yang dengan sangat baik mencerminkan gambaran di permukaan air yang bergelombang. Keanekaragaman hayati yang ditemukan di Karimunjawa diangga sebagai hal yang menakjubkan.

Beberapa hal yang menonjol adalah 44 spesies berbeda dari pohon bakau, 11 spesies padang lamun, 9 spesies rumput laut dan 444 spesies ikan. Karangnya sendiri memiliki 176 spesies berbeda yang kemungkinan bisa terlihat ketika sedang menyelam. Kegiatan ini memang menjadi alasan kenapa Karimunjawa termasuk ke dalam diving Indonesia map yang wajib dikunjungi. Kegiatan yang harus dilakukan ini bisa membuat wisatawan melihat terumbu karang yang menawan. Terumbu karang tepi juga terlihat diantara terumbu karang yang menempel dan terumbu pembatas. Ikan berwarna-warni terlihat meluncur dalam kelompok besar di atas karang hitam dan organ karang pipa, yang juga merupakan 2 biota yang dilindungi di Karimunjawa.

Temukan apa saja yang termasuk ke dalam diving Indonesia map di Aswirman.

No comments:

Post a Comment