Monday, December 29, 2014

Keindahan Laut Indonesia yang Menawan di Pulau Lengkuas

 keindahan laut indonesia
sumber foto: bangka-belitung

Pulau kembar Bangka-Belitung yang berada di pantai sisi timur dari Pulau Sumatera yang dikelilingi oleh sejumlah pulau-pulau kecil yang menunjukkan keindahan laut Indonesia. Salah satu pulau kecil yang menonjol adalah Pulau Lengkuas, yang dihiasi oleh pantai yang masih murni, air biru pirus dan batu-batu granit besar yang merupakan ikon dari pantai-pantai Belitung dengan lokasinya di sebelah utara dari Desa Tanjung Binga di Belitung.


Menambah kemegahan yang dimiliki pulau ini adalah keberadaan mercusuar tua yang berusia ratusan tahun yang menawarkan pemandangan penuh pesona dari pulau ini dan sekelilingnya. Dengan total areanya yang memiliki luas kurang dari 1 hektar, Pulau Lengkuas berlokasi di dalam kecamata Sijuk, Belitung. Meskipun ukurannya terbilang kecil, tidak membuat tempat ini memiliki deretan luas dari kemegahan dan bukti keindahan laut Indonesia. Pulau kecil yang sederhana ini menawarkan pemandangan indah, pohon-pohon kelapa sawit yang lebat dan batu-batu besar yang menyenangkan untuk dipanjat atau berenang di bawahnya.

Pengunjung bisa mencapai kumpulan batu granit besar ini dengan berjalan melewati air dangkal yang memiliki kedalaman tidak lebih dari 1.2 meter. Air pantai di tempat ini sangat transparan sehingga dasar lautnya bisa dengan jelas terlihat. Di bawah permukaan, air yang mengelilingi pulau ini dipenuhi oleh ikan berwarna-warni dari berbagai jenis, terumbu karang yang masih murni, bintang laut dalam jumlah banyak dan kumpulan batu-batu granit yang menawan.

Air dangkal yang sunyi membuat perairan di Pulau Lengkuas menjadi tempat yang sempurna untuk berenang dan snorkeling, sedangkan pantainya yang memiliki hembusan segar akan benar-benar memuaskan setiap pengunjung yang berbaring di atas pasir putih yang lembut. Namun kebanggan yang dimiliki oleh Pulau Lengkuas tidak hanya keindahan laut Indonesia yang dimilikinya saja tetapi mercusuar tua yang ikonik. Mercusuar ini dibangun oleh bangsa Belanda di tahun 1882, yang hingga kini masih dijaga fungsi utamanya dalam memandu kapal-kapal yang berlayar melewati atau meninggalkan Belitung.

Dengan ketinggian sekitar 50 meter yang bisa disamakan dengan gedung 12 lantai. Di setiap lantainya terdapat jendela yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk menyaksikan pemandangan berbeda dari dan di sekitar mercusuar. Meskipun mercusuar sendiri merupakan fitur yang luar biasa, pemandangan yang ditawarkan dari puncak tempat ini benar-benar memukau. Di sini pengunjung bisa mendapatkan pemandangan penuh 360 derajat dari pulau menawan ini dan semua keindahan laut Indonesia yang mengelilinginya termasuk air jernih dan pulau-pulau kecil lain yang tersebar.

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum mengunjungi Pulau Lengkuas, seperti waktu terbaik untuk mengunjungi pulau ini adalah dari Maret ke November. Selama bulan-bulan ini, iklim dan arus masih bersahabat dan sempurna untuk berenang dan snorkeling. Tidak disarankan untuk mengunjungi pulau untuk melihat keindahan laut Indonesia ini dari bulan Desember hingga Januari karena arus laut yang deras sehingga berbahaya. Sediakan jumlah makanan, minuman dan perlengkapan lainnya yang cukup karena di pulau ini tidak ada fasilitas yang menunjuang atau toko makanan tersedia dan juga tidak ada sumber air segar di pulau ini.

Dapatkan berbagai informasi mengenai keindahan laut Indonesia di aswirman.

No comments:

Post a Comment