Tuesday, December 2, 2014

Alasan Pulau Belitung Termasuk Keindahan Alam Indonesia

keindahan alam indonesia
sumber foto: indonesia.travel

Belitung atau Belitong merupakan sebuah pulau yang beada di pantai timur dari Pulau Sumatera Indonesia yang diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata. Tanjung Pandan merupakan kota utama dari Pulau ini. Meskipun pulau ini terkenal berkat lada putih dan pertambangan mineral tipe C seperti timah putih, pasir kuarsa, kaolin putih dan batu granit, tetapi keindahan alam Indonesia yang dimiliki oleh pulau ini terdiri dari bebatuan granit, laut biru yang kehijauan, dan pasir pantai berwarna putih yang sulit ditemukan di tempat lain.


Keindahan dari Pulau Belitung yang berada di kepulauan Provinsi Bangka Belitung diketahui oleh masyarakat umum ketika novel Laskar Pelangi karangan Andrea Hirata, yang sempat menjadi novel best-seller atau yang laku dijual. Novel tersebut menggambarkan latar belakang dari kehidupan sehari-hari di kawasan Pulau Belitung yang membuat pemuat film, Mira Lesmana, menganggkat novel tersebut menjadi sebuah film. Proses pengambilan gambar dari film tersebut dilakukan langsung di pulau ini.
 
Ini juga menjadi promosi gratis untuk pariwisata Pulau Belitung melalui media cetak (novel) maupun media visual (film). Secara perlahan, keindangan alam Indonesia yang dimiliki oleh Pulau Belitung menanjak kepopulerannya. Banyak orang mulai mengunjungi pulau ini setelah membaca novel Laskar Pelangi atau menyaksikan film tersebut. Kebanyakan orang yang berkunjung mengaku penasaran dengan keindahan dari pulau tersebut dan cerita dibalik novel yang mampu menginspirasi banyak orang.
 
Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pulau ini, terutama di daerah pantainya. Selain berenang di lautan yang jernih dan berjemur di atas pasir putih. Pulau Belitung masih memiliki berbagai hal lain yang ditawarkannya. Snorkeling juga bisa menjadi kegiatan yang menarik untuk dilakukan. Tepi karang di lepas pantai banyak ditemukan di berbagai tempat dan kondisinya masih luar biasa bagus. Wisatawan juga bisa ikut dalam peruahu memancing nelayan lokal. Menyisir pantai dan berjalan di sepanjang pantai sambil menemukan teluk-teluk tersembunyi dan pantai rahasia merupakan kegiatan lain yang menyehatkan di tempat ini.
 
Untuk wisatwan yang menyukai kehidupan bawah laut, Pulau Belitung menawarkan berbagai bentuk dan warna dari terumbu karang bersama dengan ratusan jenis ikan berbeda dan air jernih yang seakan-akan memanggil para wisatawan untuk melihatnya lebih dekat. Untuk pengalaman tersendiri, penyelam mungkin ingin merasakan berenang sambil menyaksikan kehidupan hiu di Pulau Nangka, berenang bersama penyu sisik di Pulau Lengkuas, menjelajahi goa di Pulau Seadong dan menikmati keindahan dari ubur-ubur dari pinggir pantai. Selain itu, beberapa tempat lain yang perlu dikunjungi oleh wisatawan antara lain, Karang Selai, Batu Malang Penyu, Batu Selutik, Karang Bugis, Pulau Kunyit, Batu Mandi, Pulau Buku Limau, Pulau Keran dan Pulau Mempirak. Inilah sebagian kecil dari keindahan alam Indonesia yang bisa ditemukan di Pulau Belitung.

Ketahui berbagai keindahan alam Indonesia di Aswirman.com.

No comments:

Post a Comment