Thursday, December 4, 2014

Tips Keselamatan Dasar Dalam Panjat Tebing Indonesia

panjat tebing indonesoa
sumber foto: brooklynboulders

Orang yang suka berpetualang suka mencari aktivitas yang mampu memompa adrenalinnya untuk mendapatkan dorongan alami yang dihubungkannya. Sering kali, orang akan mencari kelompok yang berisi orang-orang yang menyukai aktivitas yang serupa. Ada beberapa aktivitas dalam jenis ini, seperti terjun payung, bungee jumping, dan panjat tebing. Panjat tebing Indonesia secara perlahan menjadi salah satu tren paling populer dalam aktivitas yang berhubungan dengan adrenalin, namun calon pemainnya harus memahami bahwa ada beberapa peringatan keselamatan yang harus dipatuhi dalam menjalani pemanjatan yang aman di dalam ruangan atau di luar ruangan.


Dasar dari panjat tebing Indonesia


Panjat tebing bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan tetapi seorang pemanjat akan membutuhkan banyak ketahanan, stamina, dan khususnya keseimbangan jika ingin mahir. Kordinasi mata-tangan adalah kualitas khusus lain yang sangat dibutuhkan. Dikarenakan olahraga ini memiliki banyak kebutuhan, secara fisik dan tantangan mental. Jika seseorang baru memulai belajar mengenai panjat tebing, maka merupakan ide yang bagus untuk mencari fasilitas olahraga ini yang ada di dalam ruangan yang menyediakan kelas perkenalan dan mengajarkan dasar dari panjat tebing Indonesia. Jenis kelas ini juga akan mengajarkan banyak tips keselamatan dalam panjat tebing yang setiap pemanjat bagus harus tahu dan hal mana saja yang perlu dihindari.
 

Tips keselamatan panjat tebing Indonesia


- Merencanakan setiap langkah adalah hal yang sangat penting. Sebelum melanjutkan memanjat tembok atau permukaan batu, pemanjat haru bis melihat dengan jelas di pikirannya dimana langkah selajutnya akan ia ambil. Ini jika hanya bisa melihat langkah selajutnya di dalam pikiran akan membuat waktu memanjat berhasil. Percaya diri juga memiliki peran yang besar di panjat tebing.
 
- Merupakan ide yang bagus untuk mengetahui teknik berbeda yang digunakan pada permukaan batu yang berbeda. Setiap batu memiliki ciri yang bisa diketahui bahwa ada teknik spesifik yang digunakan untuk memanjatnya. Mengetahui teknik-teknik ini bisa membantu pemanjat untuk menghindari potensi terjadinya kecelakaan. Contohnya, jika sedang memanjat permukaan batu yang curam, maka gunakan teknik yang sesuai untuk menghadapinya.
 
- Untuk sesorang yang memiliki vertigo, maka ini mungkin bukan merupakan olahraga terbaik untuk diikuti, tetapi ini masih bisa dinikmati jika ingat bahwa melihat terlalu ke bawah tidak dibutuhkan. Memang merupakan yang sulit dilupakan bahwa seseorang akan memiliki ketakutan di pikirannya ketika ia merasa ia berada dalam ketinggian yang di luar dugaan, tetapi dengan tetap tenang dan meniadakan ketakutan menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan. Tidak perlu untuk melihat lebih ke bawah dari kaki dan pastikan untuk menggunakan penempatan yang sesuai.

- Selalu belajar. Ini mungkin merupakan tips keselamatan yang terbaik. Ada banyak hal yang seseorang bisa lakukan dengan belajar dengan langsung melakukannya, tetapi yang lebih penting adalah belajar dengan memperhatikan. Karena pemanjat pemula tidak hanya belajar dari kesalahannya tetapi ia bisa belajar dari kesalahan orang lain. Bahkan ada buku yang bisa dibaca yang mengajarkan kesalahan umum dan kendala lainnya yang perlu dihindari ketika melakukan panjat tebing Indonesia.

Tambahan informasi mengenai panjat tebing Indonesia di Aswirman.com.

No comments:

Post a Comment