Friday, December 5, 2014

5 Kemampuan Lain yang Dimiliki Minyak Kayu Putih

minyak kayu putih
sumber foto: konstanta.wordpress

Kebanyakan orang mengetahui kalau minyak kayu putih bermanfaat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit, khususnya untuk penyakit kulit. Minyak yang sering diberikan atau dioleskan pada bayi agar kehangatan tubuhnya ini terbuat dari hasil penyulingan dari daun serta ranting dari pohon kayu putih. Selain itu, minyak yang juga dikenal dengan sebutan minyak atsiri ini sering digunakan untuk cara pengobatan berbagai masalah tubuh, seperti itu melemaskan otot yang tertarik dan juga menghindari perut menjadi kembung.


Selain memiliki manfaat untuk tubuh manusia, ternyata minyak kayu putih memiliki kemampuan lain, di luar dari keuntungannya untuk menyembuhkan penyakit pada manusia. Berikut adalah kemampuan lain yang dimiliki minyak ini:
 
1. Pembersih lantai yang ampuh
Lantai rumah yang bersih mengkilap merupakan impian dari semua orang khususnya ibu rumah tangga. Untuk membuat lantai rumah menjadi bersih, kebanyakan ibu rumah tangga menggunakan pembersih lantai yang ada di pasar. Namun, selain menggunakan pembersih lantai, ada cara lain yang tidak kalah ampuh dalam membersihkan lantai bebas dari kuman dan kotoran yakni dengan menggunakan minyak kayu putih. Untuk menjadikan minyak ini untuk membersihkan lantai caranya adalah sengan meneteskan beberapa minyak ini ke dalam ember berisi air panas. Lalu masukan air campuran tersebut ke dalam botol. Kocok botol tersebut sebelum menyemprotkannya ke lantai lalu bersihkan lantai.
 
2. Untuk melindungi kulit
Untuk orang yang menghabiskan sepanjang harinya di luar ruangan atau di bawah sinar matahari, pasti perlu menggunakan sesuatu untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari dan juga mencegah kulit menjadi gelap. Banyak orang yang melakukan pencegahan akibat buruk dari sinar matahari dengan mengoleskan sunscreen, tetapi kadang hasilnya tidak seefektif seperti yang diinginkan. Untuk melindungi kulit atau mendapatkan manfaat dari sunscreen yang lebih efektif bisa dengan sesudah mengoleskan sunscreen ke kulit tambahkan dengan mengoleskan minyak kayu putih ke kulit. Dengan cara ini akan membuat olesan tersebut bekerja menjadi lebih baik.
 
3. Aromaterapi
Ketika sakit kepala atau hidung tersumbat menyerang, ada cara lain yang bisa dilakukan yakni dengan menggunakan minyak kayu putih. Dengan meneteskan beberapa tetes minyak ini ke dalam wadah berisi air panas, lalu menghirup uapnya, maka dijamin gangguan sakit kepala atau hidung tersumbat akan bisa disembuhkan.
 
4. Menyembuhkan sesak napas
Kesulitan bernapas yang diakibatkan oleh sesak napas memang salah satu keadaan yang sangat tidak menyenangkan. Penyakit yang tidak boleh didiamkan ini bisa merusak kesehatan seseorang. Untuk menyembuhkannya bisa dengan menggunakan minyak kayu putih. Mengenai caranya, hanya dengan menyampurkan minyak kelapa dengan minyak kayu putih dan oleskan campuran ini ke dada, maka sudah cukup menjadi obat untuk menyembuhkan sesak napas.

5. Mengatasi ketombe
Masalah rambut ini memang bisa mengganggu penampilan dan kepercayaan diri seseorang. Namun siapa yang menyangka kalau minyak kayu putih bisa mengatasi masalah ini. Cukup dengan menyampurkan minyak kelapa dengan minyak kayu putih, lalu campuran kedua minyak ini digunakan untuk memijat kulit kepala. Hanya dengan menggunakan cara ini, ketombe dan kotoran kulit kepala lainnya akan teratasi dan sirna.

Penjelasan lain mengenai minyak kayu putih di Aswirman.

No comments:

Post a Comment