Tuesday, August 5, 2014

Menggunakan Minyak Kayu Putih Untuk Bayi dan Balita

minyak kayu putih
 
Minyak yang esensial bisa menjadi sangat membantu dalam membesarkan anak. Beberapa minyak hanya bisa digunakan untuk bayi. Minyak tersebut bisa membantu mengobati beberapa penyakit seperti kegelisahan, insomnia, sakit perut, luka, lecet, susah buang air dan masih banyak lagi. Dari banyaknya minyak esensial yang bisa digunakan untuk bayi dan balita, minyak kayu putih adalah salah satu yang memiliki peran penting.

Tetapi sebelum memberikan minyak penting kepada anak, orang tua harus mengambil tindakan pengamanan terlebih dahulu. Minyak-minyak tersebut harus sangat encer untuk menghindari membakar atau mengiritasi kulit bayi. Jangan menggunakan minyak-minyak penting di wajah bayi. Jika secara tidak sengaja, minyak masuk ke mata bayi, jangan dibersihkan dengan air. Karena hanya akan meperburuk situasi. Gunakan minyak sayur seperti minyak zaitun atau lainnya.
 
Kegunaan yang dimiliki oleh minyak kayu putih adalah bisa melancarkan susah buang air, menyembuhkan batuk, menurunkan demam jika diterapkan di kaki bayi dan pada umumnya sangat bagus untuk sistem pernafasan bayi. Letakkan minyak kayu putih yang encer di tangan lalu oleskan di dada dan punggung bayi. Cara lain untuk menerapkan minyak kayu putih pada bayi adalah menambahkannya ke air hangat untuk mandi dan dudukan di kamar mandi dengan bayi. Hal ini bisa membuat bayi tetap bisa bernafas di ruangan beruap.
 
Untuk bayi dan anak kecil, minyak kayu putih memang dibutuhkan oleh orang tua dan sulit untuk digantikan dengan minyak lain. Karena minyak yang memiliki kekuatan berlebih bisa berbahaya untuk buah hati. Tips merawat bayi lainnya adalah jangan pernah menggunakan minyak pedas ke bayi karena bisa menyebabkan gangguan penafasan dan dapat berakibat fatal.

No comments:

Post a Comment