Monday, February 9, 2015

Panduan Mengganti Popok Bayi Baru Lahir yang Perlu Diketahui

popok bayi baru lahir
sumber foto: tytnetwork

Banyak bayi aktif tidak mempedulikan apakah popok bayi baru lahir yang dikenakannya masih bersih atau tidak. Mereka terlalu sibuk untuk mengkhawatirkan dirinya sendiri dengan masalah yang rumit. Hal ini mungkin menjadi hal yang penting bagi orang tua, tetapi hal ini bukanlah sebuah prioritas untuk bayi. Ruam popok atau popok yang tidak nyaman, karena ukuran yang salah atau tidak muat. bisa membuat bayi merasa takut dengan proses penggantian popok, untuk itu orang tua perlu memeriksa kondisi popok sebelum dikenakan ke bayi baru lahir. Setelah orang tua memastikan semua masalah dasar telah ditangani, buat beberapa pengaturan terhadap proses yang tidak terhindari ini untuk membuatnya lebih nyaman untuk bayi.



Dengan banyaknya jumlah popok yang diganti oleh orang tua, ada kemungkinan bahwa apa yang menjadi kegiatan yang menyenangkan menjadi sebuah rutinitas atau lebih parah lagi menjadi sebuah hambatan. Ketika orang tua mendekati tempat persediaan popok hanya untuk waktu yang sebentar saja, bayi mungkin sudah mengetahui apa yang akan dihadapinya. Oleh karena itu, orang tua perlu mencoba untuk kembali mempererat hubungan dengan bayi menggunakan pengalaman bersama bahwa proses mengganti popok bisa menjadi sebuah momen yang tenang di hari yang sibuk ketika orang tua berbagi waktu hanya berdua dengan bayi.
Proses mengganti popok merupakan waktu yang bagus bagi orang tua untuk menyanyikan bayinya lagu-lagu yang mudah dicerna, membuatnya tersenyum dan tertawa. Sedikit waktu senang bisa mengurangi ketakutan akan proses mengganti popok bayi baru lahir untuk orang tua dan bayi. Sebuah permainan yang tetap menarik sampai waktu yang lama adalah menyembunyikan popok. Caranya orang tua bisa menempatkan popok di kepala, pundak dan bagian tubuh lainnya lalu menanyakan dimana letak popok bayi yang mau dikenakan. Setelah itu gerakkan bagian tubuh sehingga popok jatuh ke hadapan lalu orang tua bisa sambil terkejut dalam menangkapnya.
Selain itu, tips ganti popok yang bisa dilakukan orang tua adalah dengan menggunakan benda yang bisa mengalihkan perhatian bayi. Ada penerang atau senter yang bisa diletakan di dekat tempat mengganti popok untuk bisa dimainkan bayi ketika orang tua sedang mengganti popok bayi. Beberapa senter untuk bayi memiliki sebuah tombol yang jika ditekan akan mengganti warna dari lampu senter atau berbentuk sinar. Benda ini bisa disebut dengan senter popok, dan ketika proses mengganti popok sudah selesai, orang tua perlu langsung menyimpannya. Selain senter bayi, orang tua juga bisa memberikan bayi mainan kesukaanya untuk mengalihkan perhatiannya.
Jika popok bayi baru lahir hanya basah tidak penuh, orang tua bisa mengganti popok bayi dalam posisi berdiri supaya proses ini bisa berlangsung dengan cepat. Jika bayi mengenakan popok kain, lepaskan salah satu pengikat lalu turunkan popok seperti orang dewasa melepaskan celata atau pilih popok yang tidak menggunakan pengikat atau menggunakan karet. Jika bayi sudah tumbuh dewasa dan terlihat sudah siap dikembangkan kemampuannya, orang tua bisa melatihnya untuk buang air kecil di toilet mini, dengan ini bisa membuat persediaan popok perlu banyak-banyak.

Dapatkan berbagai panduan lainnya selain untuk popok bayi baruh lahir di Aswirman.com.

No comments:

Post a Comment