Tuesday, September 15, 2015

Mengetahui Informasi Dasar Perkembangan Bayi Tiap Bulan di 3 Bulan Pertama

perkembangan bayi tiap bulan
sumber foto: momjunction

Semua orang tua ingin mengetahui perkembangan bayi tiap bualan karena mereka ingin menantikan pencapaian-pencapaian yang akan dimiliki oleh buah hatunya. Setiap kali pencapaian berhasil diraih oleh bayi merupakan tanda lain bahwa bayinya sehat dan berkembang secara normal. Namun orang tua perlu mengetahui bahwa pencapaian-pencapaian di bawah ini merupakan perkebangan rata-rata yang terjadi dalam 3 bulan pertama bayi, sehingga ada kemungkinan variasi yang luas antara satu bayi dengan lainnya. Jika ada keterlambatan lebih dari satu pencapaian, itu bisa menjadi tanda sebuah masalah dan perlu dilaporkan ke dokter bayi.


Untuk bayi yang berusia 1 bulan, ia biasannya sudah bisa mengangkat kepalanya sebentar ketika sedang tengkurap, ia bisa juga memandang dan memfokuskan pandangan pada wajah orang tua. Bayi 1 buan juga bisa menyadari jika ada suara bising yang mendadak bunyi atau berlangsung lama, seperti penyedot debu, dan ia akan beriam diru untuk mendengarkannya. Bayi di usia ini lalu bisa meregangkan tulang belakang dan jari-jarinya, meluruskan tubuhnya dari posisinya ketika masih di janin. 

Kemungkinan bayi yang berusia 1 bulan bisa mengikuti benda yang bergerak sekitar 20 centimeter dari hadapannya menggunakan matanya. Sang buah hati bisa menahan kepalanya diam untuk beberapa detik ketika digendong dalam posisi berdiri. Membuat suara perasaan senang dan senyuman adalah kemungkinan pencapaian lainnya. Ketika bayi memasuki usia 2 bulan, ia bisa mengangkat kepalanya dalam waktu sebentar ketika tengkurap, melambai-lambaikan tangannya dan kakinya menendang-nendang. Bayi di usia 2 bulan juga bisa mendengarkan dengan perasaan tertarik terhadap suara orang tuannya. Ia juga bisa mengikuti benda-benda berawarna-warni yang digerakan sekitar 20 centimeter di depan hadapannya. Mengeluarkan suara-suara riang.

Bayi usia 2 bulan juga kemungkinan bisa mengangkat kepala dan dada atasnya sebentar, ketika sedang tengkurap. Ia juga kemungkinan bisa membalas senyuman orang tua, tertawa atau menjerit dengan puas, memegang sebuah jari yang diletakkan di telapak tangannya, mengikuti orang tua jika orang tua mendekatkan wajahnya dengan bayi dan mengeluarkan lidah di hadapannya. Sedangkan bayi yang berusia 3 bulan, biasannya sudah bisa membalas senyuman ketika diberikan senyum, tertawa atau menjerit, mengeluarkan suara riang, melambai-lambaikan tangan dan gerakan kaki menendang-nendang, serta menahan kepalanya tetap diam untuk beberapa saat ketika ia sedang berada dalam posisi duduk dengan diberi dukungan.

Tetapi tidak sedikit juga informasi perkembangan bayi tiap bulan untuk bulan ke-3 yang menyebutkan bahwa bayi yang berada dalam usia ini bisa memukul atau menepuk benda-benda yang tergantung dihadapannya dan sesekali ia bisa memukulnya dengan benar. Melakukan push-up mini dengan tangannya ketika sedang tengkurap. Lalu ia kemungkinan sudah mengetahui keberadaan tangannya, menyedot genggaman tangan dan mempelajari jari-jarinya sendiri. Ia juga bisa mencoba untuk berguling dan ia juga bisa menahan berat tubuhnya di bagian kaki ketika mendapat dukungan.

Ketahui sejumlah informasi pilihan lainnya dari perkembangan bayi tiap bulan di Merries Indonesia.