Wednesday, August 27, 2014

Menggunakan Kalkulator Kehamilan Untuk Menghitung Minggu

kalkulator kehamilan

Perkiraan hari dari pembuahan adalah hari dimana seorang wanita memulai kehamilan. Banyak orang yang tidak menggunakan cara tersebut untuk menghitung hari dimulainya kehamilan. Hal ini dikarenakan tidak adanya cara yang pasti untuk mengetahui kapan hari dimana terjadinya ovulasi dan kandungan. Dikarenakan masalah ini, kini sudah banyak khususnya wanita hamil dan dokter kandungan yang menggunakan kalkulator kehamilan.


Wanita hamil diharuskan untuk mencoba mengingat kapan tanggal menstruasi terakhir kali yang mereka alami. Dari situ dokter kandungan atau wanita hamil bisa menghitung tanggal perkirakaan calon bayi akan lahir dengan menghitung dari hari pertama dari terakhir kalinya wanita hamil tersebut mengalami menstruasi. Cara ini sudah digunakan oleh kebanyakn dokter kesehatan profesional menghitung perkiraan waktu persalinan.

Kehamilan seharusnya berlangsung selama 9 bulan dan 7 hari atau 40 minggu. Jadi tambahkan jumlah waktu ini dengan hari pertama dari menstruasi terakhir untuk mendapatkan perkiraan dari tanggal kapan waktunya bayi akan dilahirkan. Jika menghitung kehamilan dari perkiraan tanggal pembuahan, atau hari dimana kemungkinan terjadinya ovulasi pada wanita di bulan yang diketahui dan dinyatakan hamil, maka tanggal tersebut kira-kira 2 minggu setelah terjadinya pembuahan.

Namun bagaimana kalkulator kehamilan bekerja jika tidak diketahuinya tanggal terakhir kali mengalami menstruasi. Kalkulasi hari persalinan bisa digunakan dengan sangat baik jika siklus menstruasi tetap dan tanggal menstruasi terjadi selang 28 hari. Tetapi jika seorang wanita memiliki siklus menstruasi yang tidak tetap, maka ia mungkin tidak mengetahui kapan tanggal terakhir ia mengalami menstruasi.

Jika siklus menstruasi beragam dalam ukuran lamanya, hitung dari hari pertama dari menstruasi terakhir mungkin tidak memberikan perkiraan tanggal persalinan yang bisa jadi pegangan. Tetapi coba untuk tidak khawatir. Dalam kunjungan USG, akan diberikan tanggal persalinan yang lebih akurat mengenai bayi yang ada di kandungan. Cara perhitungan ini dilakukan dengan mengukur panjang bayi dari kepala hingga bagian bawah. Wanita hamil biasa harus ditawarkan jadwal USG ketika usia kandungan berada di minggu ke-10 dan 13 ditambang dengan 6 hari.

Kapan seorang wanita dinyatakan sedang hamil? Wanita tidak sebenarnya sedang hamil di 2 minggu pertama setelah hari pertama setelah menstruasi. Meskipun kalkulator kehamilan dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir. Wanita kemungkinan tidak terjadi ovulasi dan mengandung bayi sampai sekitar 2 minggu setelah hari tersebut. Bahkan, wanita hamil mungkin tidak akan mengetahui kalau dia sedang hingga sekitar 5 minggu berjalan atau setelah dengan penuh menyelesaikan minggu ke-4 kehamilan atau ketika wanita perkiraan tanggal menstruasi tidak terjadi.

Menghitung kalkulator kehamilan di Aswirman.

No comments:

Post a Comment