Tuesday, August 26, 2014

Panduan Untuk Memiliki Proses Kehamilan yang Sehat

proses kehamilan
 
Kehamilan merupakan waktu yang ideal untuk memulai mengurus diri sendiri dengan baik, secara fisik dan emosional. Di bawah ini ada beberapa panduan sederhana yang bisa diikuti. Dengan mengikuti panduan-panduan mendapatkan proses kehamilan sehat di bawah ini maka ibu hamil akan memiliki kemungkinan terbaik dalam menjalani masa kehamilan tanpa adanya masalah kesehatan dan juga bayi yang ada di kandungan akan tumbuh sehat.

1. Mengunjungi dokter atau bidan sedini mungkin. Ketika pertama kali seorang wanita mengetahui bahwa ia sedang hamil, maka ia secepatnya perlu menghubungi atau mengunjungi dokter atau bidan untuk mengatur jadwal pemeriksaan kehamilan. Mengatur perawatan lebih awal berarti wanita hamil akan mendapatkan nasihat yang bagus untuk memiliki kehamilan sehat yang benar dari awal. Wanita hamil juga akan memiliki waktu yang banyak untuk mengatur jadwal USG dan pemeriksaan yang mungkin dibutuhkan.

2. Makan dengan baik. Mempunyai tujuan untuk memakan makanan diet sehat dan seimbang kapan pun dari waktu yang dimiliki. Jenis makanan yang perlu dikonsumsi:
- Paling tidak mengkonsumsi 5 porsi buah dan sayuran setiap hari.
- Perbanyak makanan berkarbohidrat seperti roti, pasta, dan nasi sebagai menu utama. Pilih karbohidrat dari gandum dari pada yang berwarna putih, karena memiliki serat yang lebih banyak.
- Kebutuhan protein sehari-hari bisa didapat dari ikan, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, beberapa jenis susu dan susu olahan.
- 2 porsi ikan dalam satu minggu, paling tidak salah satunya harus berminyak. Ikan dipenuhi oleh kandungan-kandungan seperti protein, vitamin D, mineral, omega-3 asam lemak. Kandungan yang terakhir merupakan yang penting untuk pembangunan sistem saraf dari bayi.

Wanita hamil tidak perlu menambah porsi makanan menjadi 2 piring. Wanita hamil tidak membutuhkan tambahan kalori di 6 bulan pertama kehamilan. Di 3 bulan terakhir kehamilan, wanita hamil membutuhkan sekitar 200 tambahan kalori setiap hari. Cara yang bisa dilakukan utuk menjaga tingkat tenaga adalah dengan mengonsumsi camilan yang sehat.

3. Mengonsumsi suplemen. Suplemen vitamin kehamilan bukanlah pengganti untuk diet seimbang. Tetapi suplemen bisa membantu jika wanita hamil khawatir apakah dia sudah cukup makan atau terlalu sakit untuk makan banyak. Pastikan suplemen yang dikonsumsi mengandung 400mcg dari asam folat. Wanita hamil membutuhkan suplemen ketika ia ingin memiliki anak dan untuk 3 bulan pertama kehamilan. Mengonsumsi asam folat dapat mengurangi resiko bayi terkena cacat tabung saraf seperti spina bifida.

Periksa juga apakah suplemen mengandung 10mcg dari vitamin D, karena vitamin D merupakan kandungan penting untuk masa depan kesehatan tulang bayi. Diskusikan dengan dokter atau apoteker sebelum mengonsumsi suplemen kehamilan. Jika wanita hamil tidak mengonsumsi multivitamin, ia bisa membeli suplemen asam folat dan vitamin D secara terpisah. Jika wanita hamil tidak bisa makan ikan, maka suplemen minyak ikan bisa membantu proses kehamilan. Pilihlah suplemen yang terbuat dari badan ikan, bukan dari hatinya. Ini dikarenakan minyak hati ikan mungkin terkandung jenis retinol dari vitamin A, yang tidak direkomendasikan untuk kehamilan.

Penjelasan proses kehamilan di Aswirman.

No comments:

Post a Comment