Thursday, December 3, 2015

Panduan Untuk Mendapatkan Kenaikan Berat Badan Ideal Bayi Baru Lahir

berat badan ideal bayi
sumber foto: thebirthinglady

Memberi makan tepat waktu merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh orang tua baru untuk mepatkan berat badan ideal bayi baru lahir. Selain itu, pengukuran berat badan rutin juga menjadi kegiatan yang perlu dilakukan kepada buah hati, dengan suster bayi mengukur berat dan tinggi bayi setiap kali kunjungan ke rumah sakit untuk memperhatikan perkembangannya. Buah hati yang tetap berada dalam jangkauan kenaikan berat badan rata-rata dianggap sedang menjalani pertumbuhan yang baik. Dengan memahami kenaikan berat badan bayi pada umumnya, orang tua baru perlu mempersiapkan untuk memperhatikan pertumbuhan bayinya.


Sebelum bayi baru lahir mengalami kenaikan berat badan, ia akan mengalami penurunan beberapa berat badan. Rata-rata bayi mengalami penurunan sekitar 10 persen dari berat badan saat dilahirkan pada 5 hari pertamannya. Jika buah hati lahir dengan berat sekitar 3.2 kilogram, ia bisa kehilangan sekitar 0.3 kilogram, sebagai contohnya. Pengurangan berat badan ini terjadi karena si kecil kehilangan cairan tambahan di dalam tubuhnya. Ketika ia berusia sekitar 10 hari, ia kemungkinan akan memiliki berat badan seperti ketika ia lahir.

Berapa pun berat badan bayi saat lahir, bayi yang sehat mengalami kenaikan berat badan dalam tingkat yang sama. Jangkauan kenaikan berat badan pada bayi baru lahir adalah sekitar 113 hingga 200 gram per minggu dalam bulan pertama. Rata-rata bayi mengalami kenaikan antara 0.5 dan 1 kilogram dalam satu bulan di 6 bulan pertama. Kenaikan berat badan yang spesifik berbeda-beda pada bayi dan ada kemungkinan hubungan dengan bentuk tubuh bayi dan tingkat aktivitasnya. Seorang dokter bernama Dr. Sears mencatat bahwa bayi yang memiliki tubuh panjang dan ramping atau bayi yang sangat aktif mampu membakar kalori lebih cepat dan mungkin mengalami kenaikan berat badan dalam kecepatan yang lambat. 

Sedangkan bayi yang lebih pendek dan lebih bulat atau yang tidak banyak bergerak tidak membakar kalori yang banyak sehingga bisa mengalami kenaikan berat badan yang cepat. Orang tua bisa menyadari pada periode tertentu di beberapa bulan pertama ketika bayi baru lahir terlihat banyak makan dan mengalami kenaikan berat badan yang cepat. Percepatan pertumbuhan ini merupakan hal yang benar-benar normal. Percepatan kenaikan berat badan yang pertama kali biasanya terjadi antara hari ke-7 hingga 10. Percapatan pertumbuhan besar selanjutnya untuk bayi baru lahir terjadi di sekitar minggu ke-3 dan minggu ke-6 dan orang tua mungkin tidak menyadari adanya percepatan pertumbuhan ini.

Dokter atau suster bayi sudah seharusnya mencatat bentuk bayi dan menentukan apakah pertumbuhannya sudah termasuk berat badan ideal bayi baru lahir atau berlebihan atau kekurangan. Kadang kegagalan untuk mencapainya bisa terjadi, dengan kenaikan berat badan yang lambat kadang menandakan adanya masalah yang mendasarinya. Di beberapa kasus, bayi baru lahir tidak mendapatkan banyak kalori karena kesulitan makan atau sering muntah. Bayi lainnya gagal untuk tumbuh dengan sepantasnya karena kondisi medisnya, seperti adanya masalah kelenjar gondok, infeksi atau kondisi jantung. Jika orang tua khawatir mengenai kebiasaan makan bayi atau kenaikan berat badannya, maka masalah ini perlu langsung diberitahukan kepada dokter.

Dapatkan informasi bermanfaat lainnya seputar berat badan ideal bayi di Diasweet.com.