Wednesday, July 1, 2015

Cari Tahu Pilihan Mainan Bayi 6 Bulan Edukatif Hingga Usia 12 Bulan

mainan bayi 6 bulan edukatif
sumber foto: changingpadbaby

Alasan kenapa mainan bayi 6 bulan Edukatif perlu diketahui karena di 6 bulan kedua menjelang usianya mencapai 1 tahun, orang tua akan menyadari bahwa banyinya tubuh dengan sangat cepat. Dengan di usia ini merupakan saat dimana kemungkinan bayi sudah bisa berjalan. Ketika bayi memasuki usia 9 atau 10 bulan, ia mungkin bisa untuk berkeliaran di dalam ruangan dengan berbagai cara. Ia mungkin melakukannya dengan cara menyeret, berguling, merangkak atau pun meluncur.


Diharapkan dengan memainkan mainan bayi yang edukatif ketika bayi berusia 12 bulan ia sudah bisa berdiri dan bahkan berjalan. Orang tua perlu tahu bahwa kerjasama antara tangan dan mata bayi akan terus mengalami peningkatan sepanjang waktu, yang berarti bahwa waktu bermainnya akan menjadi lebih energetik. Bayi akan menyukai mainan yang berbunyi dan juga kuat. Di sekitar usia ini, banyak dari mainan bayi akan dibanting, dilempar dan dibenturkan untuk kepuasan maksimal yang dirasakan bayi. Berikut adalah pilihan mainan untuk bayi usia 6 hingga 12 bulan yang bisa mengedukasi mereka.

Boneka lembut atau boneka binatang. Merupakan sesuatu yang bagus untuk memiliki mainan yang bisa membuat bayi menunjukkan rasa sayangnya dan digunakan sebagai sumber dari rasa nyaman. Mainan yang bisa dengan mudah digenggam bayi juga bisa meningkatkan kecerdasan bayi, karena dengan meraih dan menggenggam mainan tersebut akan membantu bayi untuk meningkatkan kerja sama antara tangan dan mata. Ia lalu akan belajar untuk memindahkan mainan dari satu tangan ke tangan lainnya dan membanting kedua mainan yang ada di tangannya.

Mainan bergerak juga perlu diperkenalkan ke bayi di usia ini karena dengan bayi mulai belajar merangkak dan bergerak, ia akan menjadi lebih tertarik terhadap mainan yang bisa melakukan hal yang serupa. Cari mobil-mobilan kokoh yang bisa didorngnya di atas karpet atau memiliki mesin, karena bayi akan suka untuk mengejar mainan-mainan yang bergerak tersebut. Mainan yang interaktif juga bagus untuk pertumbuhannya, mainan apa-pun yang bisa mendorong bayi untuk bergantian menjadi pilihan yang bagus di usia ini. Orang tua bisa memainkan permainan sederhana seperti petak-umpet atau menggunakan mainan telepon yang bisa melakukan pembicaraan dengannya.

Pilihan mainan bayi 6 bulan edukatif selanjutnya adalah mainan pemecahan masalah. Membuat bayi memikirkan kenapa mainan balok tidak bisa dimasukkan ke dalam lobang mainan lingkaran merupakan ujian yang bagus untuk kemampuan pemecahan masalah bayi. Namun, bayi kemungkinan belum bisa menemukan solusi dari masalah tersebut hingga usiannya 18 bulan. Balok kayu yang bisa disusun juga merupakan bayi yang mendidik. Orang tua bisa menunjukkan bayi bagaimana menumpuk atau menyusun balok katu atau gelas plastik untuk ditumpukkan.

Orang tua disarankan memilih mainan yang diciptakan dengan aman dan bisa bertahan lama, tidak memiliki bahan beracun dengan tidak memiliki ujung yang tajam. Pastikan bahwa semua mainan aman yang diberikan bayi aman untuk ia masukkan ke mulut. Mainan bayi juga jangan pernah disangkutkan ke tempat tidur atau kotak bermain dengan bahan elastis atau tali, karena kedua bisa menyebabkan bayi tercekik.

Tambahan informasi mengenai mainan bayi 6 bulan edukatif di Merries.co.id.

No comments:

Post a Comment