Wednesday, July 1, 2015

Gunung Tujuh Merupakan Hiking Trails Indonesia Kepunyaan Jambi

hiking trails indonesia
sumber foto: trekearth

Salah satu keunikan yang dimiliki oleh hiking trails Indonesia ini adalah terdapatnya Danau Gunung Tujuh, yang merupakan danau tertinggi untuk ukurannya di seluruh Asia Tenggara. Sesuai dengan namanya, gunung ini memiliki 7 puncak yang dimana hanya 3 puncak yang sudah berhasil dicapai dan puncak lainnya dianggap sebagai pinggiran kawah yang kuno. Puncak tertinggi dari Gunung Tujuh disebut oleh warga lokal dengan sebutan Gunung Jujuhan tetapi didaftarkan pada beberapa peta lokal dengan nama Gunung Hulupura.


Ketika dilihat dari gunung tetangga, Gunung Kerinci, Danau Gunung Tujuh yang dalam terlihat seperti sedang menahan diri untuk tidak menumpahkan air ke sisi gunung. Perjalanan mendaki ke danau tersebut sendiri merupakan jalur yang terkenal di kalangan wisatawan mancanegara, wisatawan lokal dan siswa SMA daerah ini dan membutuhkan sekitar 3 jam dari titik awal pendakian. Dari titik awal utama yang cukup besar, di ketinggian 1.400 meter dan berjark 2 kilometer dari Pelompek, sebuah jalur desa yang berkelok-kelok menuju atas dari sisi lembah melawati beberapa bangunan semen yang terlanyar dan sepasang dari tanda dari Taman Nasional Kerinci-Sebalt. Ketika pendaki mencapai jembatan kecil yang berada di atas sungai di sebelah kiri, pastikan untuk melanjutkan lurus ke atas jalur dari pada berbalik kembali ke jembatan.

Disebutkan bahwa salah satu hiking trails Indonesia ini sedikit samar karena melewati ujung dari sebuah lapangan sebelum memasuki hutan yang sebenarnya. Hutan ini merupakan tempat tinggal dari berbagai binatang seperti monyet dan gabon, yang biasa dipanggil siamang. Setelah sekitar 3 jam melakukan pendakian, wisatawan akan mencapai pinggiran kawah, di ketinggian 2.112 meter yang dari suatu titik bisa sepintas melihat danau yang berada di bawah. 

Jalur menuruni gunung agak curam ke sebelah kiri sejauh 120 meter atau sekitarnya, dengan Danau Gunung Tujuh berada dalam ketinggian 1.992 meter dan memiliki kedalaman sekitar 200 meter di bagian tengahnya. Jalur mendaki gunung akan membawa wisatawan keluar di sudut danau yang bersebelahan dengan kumpulan batu-batu besar yang bisa menjadi tempat duduk dan memiliki sekitar 3 ruang untuk berkemah. Seringkali ada 1 atau 2 perahu yang bisa ditemukan di sisi danau kepunyaan para nelayan. 

Tempat berkemah terbaik dari Gunung Tujuh berada sekitar 5 menit berjalan sekitar danau dengan searah jarum jam tetapi harus hati-hati karena perjalanan menuju tempat tersebut membutuhkan wisatawan untuk melewati batang pohon yang setengahnya berada di atas danau, yang hanya berjarak beberapa meter dari lokasi terjunnya air dimana air dari danau turun untuk membentuk air terjun yang mengagumkan jika dilihat dari bawah. Tempat berkemah di daerah ini cukup besar untuk menampung 4 atau 5 tenda dan berada di samping dari aliran air gunung kecil yang merupakan sumber air yang lebih segar dibandingkan dengan air dari danau.

Cari tahu gunung lainnya yang terdapat hiking trails Indonesia di Super Adventure.

No comments:

Post a Comment