Friday, June 5, 2015

Gunung Kelimutu Merupakan Salah Satu Indonesia Hiking Mountain Terbaik

indonesia hiking mountain
sumber foto: harindabama

Sebagai salah satu gunung berapi di Indonesia, Gunung Kelimutu juga merupakan satu dari beberapa Indonesia hiking mountain terbaik. Dengan puncak tertinggi yang dimilikinya adalah Gunung Kelibara yang berada pada ketinggian 1.731 meter di atas permukaan laut. Keberadaan 3 danau yang memiliki 3 warna air yang berbeda merupakan lokasi yang paling terkenal di gunung ini yang berada dekat dengan puncak gunung, atau berada di ketinggian 1.690 meter di atas permukaan laut.


Salah satu dari ketiga danau tersebut bernama Tiwu ata Mbupu yang pada kondisi normal airnya berwarna biru dan letaknya di sebelah ujung barat dari ketiga danau. Kedua danau lainnya ernama Tiwu Nuwa Muri Koo Fai dan Tiwu Ata Polo, dimana kedua danau ini berwarna hijau dan merah serta hanya dipisahkan oleh dinding kawah. Gunung Kelimutu berada di dalam Taman Nasional Kelimutu di Pulau Flores. Lebih tepatnya berada di kota kecil bernama Moni, yang berada sekitar 50 kilometer dari sebelah timur Ende dari tengah Pulau Flores dan 4 jam perjalanan dari Maumere.

Karena warnanya yang suka berubah membuat 3 danau yang memiliki 3 warna air berbeda menjadi daya tarik dari gunung ini. Penduduk lokal daerah ini menganggap ketiga danau tersebut sebagai tempat istirahat dari roh yang telah meninggal. Mereka percaya bahwa Mae merupakan tuhan dari akhirat dan siapa yang meninggal dunia akan duduk di dekat dasar danau dengan jasa-jasa mereka d dunia. Untuk itu, hal ini dihubungkan dengan nama dari danau, ketika diartikan, satu danau diperuntukan untuk jiwa manusia, danau kedua untuk jiwa dari anak muda dan danau terakhir untuk jiwa dari peramal.

Perubahan warna dari danau 3 warna di Gunung Kelimutu ini terjadi secara dramatis dan tidak bisa ditebak, dari warna biru atau hijau ke warna merah atau hitam, membuatnya menjadi salah satu fenomena alam yang mampu membuat takjub banyak orang. Lebih lanjut, jalanan curam yang berbahaya untuk mencapainya membuat tempat wisata ini menjadi lebih misterius dan membingungkan.

Waktu yang baik untuk melakukan perjalanan di Indonesia hiking mountain ini adalah di musim kemarau dari cuaca tropis yang dimiliki negara ini, atau dari bulan Mei hingga September. Untuk waktu terbaiknya adalah di bulan Juli atau Agustus, yang membuat gunung ini dipenuhi oleh para pendaki, sehingga sebaiknya melakukan pemesanan lebih awal untuk tempat penginapan, perjalanan dan sebagainya. Untuk mengunjungi danau, waktu terbaiknya adalah ketika matahari terbik untuk mendapatkan atmosfir yang paling dramatis, atau pendaki harus bangun paling tidak sekitar 3.30 pagi untuk melihatnya. Jangan lupa membekali tas dengan makanan dan minuman yang cukup karena pendaki akan melakukan perjalanan panjang dan sepanjang perjalanan mendaki ini akan sulit untuk menemukan tempat yang menjual makanan dan minuman.

Pilihan tempat lain yang menarik selain Indonesia hiking mountain di SuperAdventure.co.id.

No comments:

Post a Comment