Thursday, June 4, 2015

Cara Mengganti Popok Bayi yang Paling Bagus dan Bersih

popok bayi yang paling bagus
sumber foto: buzzle

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam proses mengganti popok, tetapi ada satu cara yang dianggap sebagai proses mengganti popok bayi yang paling bagus dan bersih. Proses penggantian popok ini memang bisa membuat keadaan rumah menjadi berantakan, bahkan ketika bayi sedang bersikap yang mendukung proses ini, ada saja sesuatu yang membuat kondisi rumah menjadi berantakan. Ketika bayi mulai menggeliat, menggerak-gerakkan punggungnya, berteriak dan meronta, proses ini bisa membuat keadaan rumah jadi berantakan dalam waktu yang singkat. Di bawah ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan supaya proses pergantian ini tidak membuat berantakan.


Memilih lokasi yang bagus merupakan cara pertama yang bisa dilakukan. Karena orang tua selalu menginginkan untuk memiliki lokasi yang diciptakan dengan baik untuk proses mengganti popok. Jika orang tua memiliki meja pengganti popok, maka ini merupakan hal yang bagus, tetapi jika ingin melakukan proses penggantian ini di lantai, maka coba untuk melakukannya di lokasi yang sama setiap kali proses penggantian. Karena dengan memindah-mindahkan alas untuk mengganti popok dan melakukan proses ini di berbagai tempat di rumah, maka orang tua tanpa disengaja menyebarkan kuman. 

Jika mungkin, buat lokasi khusus untuk mengganti popok di kamar mandi, dengan cara ini akan membuat orang tua dan bayi berada dekat dengan wastafel. Untuk tempat yang seharusnya bukan untuk mengganti popok adalah di meja dapur. Karena orang tua tidak ingin melakukan proses ini di tempat dimana proses pembuatan makanan dan juga tempat makan keluarga.

Orang tua harus selali memulai proses penggantian popok dengan segala hal yang dibutuhkan ada di jangkauannya. Jika orang tua harus mengambil sesuatu seperti salep di tengah-tengah proses mengganti popok, maka ia meningkatkan peluang penyebaran kuman di rumah, sehingga sebelum memulau proses ini, pastikan semua yang akan digunakan berada di dalam jangkauan tangan.

Mengusap bayi secara perlahan-lahan merupakan cara mengganti popok bayi yang paling bagus dan bersih ketiga. Untuk bayi perempian, selalu mengusap dari bagian depan ke belakang untuk menghindari infeksi. Untuk bayi laki-laki meskipun bukan selalu sebuah masalah, tetapi orang tua harus selalu menempatkan kain menutupi alat kelaminnya untuk menghindari orang tua terkena siraman urin dakam proses penggantian.

Periksa ulang hasil popok yang dikenakan, karena selama proses penggantian popok, tangan bayi yang bergoyang-goyang, apalagi kakinya, memiliki kecenderung untuk terkena kotoran yang ada di popok kotor. Sehingga, setelah selesai proses mengganti popok bayi, dan sebelum mengenakan pakaian pastikan bayi sudah dan masih bersih. 

Membersihkan tangan bayi karena entah orang tua melihat atau tidak bayi menyentuh hal-hal kotor selama proses penggantian, maka merupakan sebuah ide yang bagus untuk membersihkan tangan setelah proses ini selesai. Jika orang tua tidak berada dekat dengan wastafel, maka ia bisa menggunakan gel dasar yang perlu memastikan bahawa botol gel tersebut di luar jangkauan bayi.

Segala informasi pilihan popok bayi yang paling bagus di Merries Indonesia.

No comments:

Post a Comment