Sunday, September 28, 2014

Untuk Usia 6 Hingga 9 Bulan Inilah Permainan Anak Bayi yang Disarankan

permainan anak bayi

Cara bermain bayi di usia 6 hingga 9 bulan sudah menjadi lebih bersemangat. Ketika bayi sudah memegang sendok maka ia kini akan membantingnya ke piring, gelas atau meja plastik dan ia juga akan mengejar kunci yang berbunyi ketika digerakkan. Di usia ini, bayi juga sudah bisa memegang 2 permainan anak bayi sekaligus lalu membantingnya. Tetapi pergerakan bayi yang memasuki usia ini akan menjadi lebih tepat.


Hal ini dikarenakan otaknya sedang mengembangkan kemampuan untuk menguasai keterampilan motorik baru dengan baik dan berkat pertumbuhan ketangkasannya, kini ia juga bisa mulai mengambil benda yang kecil dari lantai. Usia 6-9 bulan juga membuat bayi menjadi menyadari bahwa benda masih bisa ada bahkan ketika ia tidak bisa melihat atau merasakannya. Ini artinya bahwa bayi akan merindukan boneka binatang kesukaanya jika ia tidak bisa melihatnya dan ia akan mencoba untuk mencarinya.

Kemampuan ini berarti juga bahwa orang tua bisa mulai memainkan permainan anak bayi lainnya yakni petak-umpet yang bisa dilakukan dengan benda atau mainan. Coba sembunyikan boneka beruang ketika ia masih melihatnya maka ia akan langsung mulai mencari atau mengambilnya lalu ia akan merasa bangga ketika ia berhasil menemukan atau mengambil boneka beruangnya tersebut.

Pada usia ini kebanyakan bayi sudah bisa leluasa bergerak. Dari duduk, ini merupakan perkembangan singkat menjadi bergeser ke area sekitar pada perutnya, hingga bergoyang-goyang ke depan dan belakang di tangan dan lututnya dan setelah itu baru ia mulai bisa merangkak. Ketika usianya sudah 9 bulan, ia mungkin bisa mengangkat tubuhnya hingga bisa dalam posisi berdiri dan sambil berpegangan pada perabotan rumah. Permaianan anak bayi di bawah ini bisa membuat bayi menjelajahi kemampuan indranya dengan cepat.

- Buku. Saat ini membaca sudah menjadi lebih interaktif dan menyenangkan bagi orang tua dan bayinya. Membaca bersama-sama adalah hal yang sangat penting untuk membantu perkembangan bayi mengenai kemampuan bahasanya, yang akan mulai dengan pesat perkembangannya. Setelah buku selesai dibaca, orang tua bisa memberikan buku tersebut ke bayinya, yang ia akan mulai membalikan halaman dan mulai membaca untuk orang tuanya.

- Boneka binatang. Bayi yang berada di usia ini sering memiliki kedekatan kepada mainan atau selimut kesukaanya. Dokter anak pun menyarankan bahwa bayi perlu memiliki hubungan ini, mereka menilai bahwa obyek yang familiar akan bisa membuat mudah proses transisi nantinya. Namun, ada beberapa jenis boneka binatang yang perlu dihindari oleh orang tua untuk diberikan kepada bayinya. Jenis permaianan anak bayi ini yang sebaiknya tidak diberikan ke bayi adalah yang memiliki pita, mata plastik, benang, atau apapun yang bisa dengan mudah ditarik dan dimasukkan ke dalam mulut. Jangan juga memberikan boneka yang susah atau berat untuk dibawa oleh bayi.

Informasi permainan anak bayi di Aswirman.

No comments:

Post a Comment