Friday, October 30, 2015

Tips Dalam Menjalani 1 Bulan Perawatan Bayi Baru Lahir Normal Sehari-Hari

perawatan bayi baru lahir normal sehari-hari
sumber foto: answerblip

Orang tua baru perlu tahu bahwa dalam perawatan bayi baru lahir normal sehari-hari kalau hal yang bisa dilakukan oleh buah hati di usia ini adalah makan, tidur, makan, dan tidur. Meskipun kini sudah ditemukan banyak alat yang bisa membantu dalam rutinitas merawat bayi tetapi pada awalnya semua tugas ini dipastikan akan terasa berat dari apa yang diperkirakan. Dalam memberikan susu ASI, masalah yang bisa muncul seperti nyeri puting hingga susahnya mulut bayi menempel, masalah-masalah ini bisa membuat proses perawatan menjadi berat.


Tips pertama untuk orang tua baru adalah jangan malu meminta bantuan, karena ini merupakan cara untuk memiliki tingkat kesuksesan dalam mengasuh si kecil yang tinggi. Ibu bayi bisa berdiskusi dengan temannya yang memiliki pengalaman dalam mengasuh yang baik, bertanya kepada dokter anak, dan lainnya. Selain itu orang tua baru bisa menggunakan informasi dari rumah sakit bersalin. Seorang ibu mengaku bahwa ia belajar segala hal mengenai pemberian susu ASI sebelum ia meninggalkan rumah sakit. Tanya kepada rumah sakit, apakah mereka memiliki kelas merawat bayi atau ada konsultan laktasi di daftar anggota rumah sakit dan bertanya kepada suster dan meminta nasihat dalam perawatan buah hati.

Ketika sudah di rumah, ibu bayi kebanyakan akan meninggalkan semua yang sedang ditanganinya untuk memberikan susu ASI kepada bayi ketika ia baru saja menangis. Tetapi ada usulan untuk sang ibu menenangkan atau mengurus dirinya dahulu, seperti buah air kecil terlebih dahulu sebelum memberikan makanan ke bayi. Jika ibu menemukan bahwa payudaranya membesar atau ada saluran yang tertutup, maka solusi yang bisa membantu adalah dengan menggunakan alas pemanas, atau sebuah kain lap hangat. Karena suhu panas bisa membantu untuk saluran susu berjalan tetapi jika payudara merasa nyeri setelah memberi susu ASI maka kantung es bisa menjadi solusi.

Untuk ibu bayi yang ingin buah hatinya diberi makan dari susu botol, maka ia perlu dikenalkannya setelah pemberian susu ASI sudah terbiasa oleh si kecil, tetapi usahakan perkenalan ini sebelum bayi berusia 3 bulan. Banyak ahli yang mengatakan bahwa usia 6 hingga 8 minggu merupakan waktu yang bagus. Ketika bayi baru lahir sedang tidak makan, maka kemungkinan besar ia sedang tidur. Dengan bayi baru lahir menghabiskan 16 jam dalam sehari untuk tidur tetapi dalam jarak waktu yang singkat.
Hal ini membuat orang tua baru untuk tetap waspada dan menjadi lebih letih dari apa yang sebelumnya dibayangkan. Dengan kebanyakan ibu bayi akan mengalami kekurangan waktu tidur. Tetapi jangan terlalu sering menyalahkan rasa lelah, karena saat ini tujuan utamanya adalah merawat bayi. Tips selanjutnya dalam perawatan bayi baru lahir normal sehari-hari adalah menetapkan giliran. Satu malam, sang ayah akan bertugas di jam malam dan malam berikutnya giliran ibu bayi yang menjalani tugas ini. 

Tips selanjutnya adalah dengan mengikuti nasihat orang dulu dimana orang tua bisa tidur ketika bayinya tidur. Ini merupakan nasihat yang terbaik dan usahakan jika tidur siang bersama-sama, ibu bayi bangunnya lebih dahulu. Ketika bayi baru lahir mengalami sulit tidur, maka orang tua perlu mengeluarkan segala cara untuk ia menutup matanya, memberinya makanan atau menggendongnya, biarkan bayi tertidur di dada orang tua atau di kursi mobil. Dan orang tua jangan perlu khawatir terlebih dahulu terhadap kebiasaan buruk, karena saat ini jam tidur bayi adalah yang penting.

Cari tahu tips lainnya untuk perawatan bayi baru lahir normal sehari-hari di Merries Indonesia.

No comments:

Post a Comment