Friday, September 18, 2015

Perawatan Bayi Baru Lahir Sehari-Hari yang Direkomendasikan Dokter

perawatan bayi baru lahir sehari-hari
sumber foto: nydailynews

Orang tua bisa mengikuti panduan perawatan bayi baru lahir sehari-hari ini yang direkomendasikan oleh para dokter untuk membuat buah hati tetap bersih dan merasa nyaman. Pada bagian wajah, memang masih menjadi sesuatu yang membingungkan ketika melihat bayi baru lahir memiliki wajah yang merah dan bercak tetapi jerawat bayi merupakan kondisi yang umum ditemukan dan tidak berbahaya. Tips untuk perawatan wajah bayi baru lahir adalah dengan membersihkan wajahnya setiap hari dengan sabun bayi yang ringan.


Untuk bagian mata, beberapa bayi mengalami cairan kekuningan atau adanya kerak di mata atau di kelopak mata, hal ini biasannya disebabkan oleh pembuluh air mata yang tertutup. Kondisi ini bisa bertahan hingga beberapa bulan. Untuk perawatan dari kondisi ini, orang tua bisa mengelap area tersebut menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan air hangat. Di bagian kulit kepala bayi, banyak bayi baru lahir mengalami kondisi kulit kepala bersisik bernama cradle cap. Hal ini biasannya akan menghilang di beberapa bulan pertama. Untuk menghilangkannya, orang tua bisa membersihkan rambut bayi dengan shampoo bayi ringan yang dilakukan tidak lebih dari 3 kali seminggu dan secara perlahan membersihkan kulit kepala menggunakan sisi rambut bayi atau gosok gigi yang lembut.

Sedangkan untuk hidung bayi, dimana lubang hidung bayi yang sempit cenderung dipenuhi oleh lendir. Yang bisa dilakukan orang tua adalah secara perlahan membuka sumbatan hidung menggunakan bola semprit hidung ukuran bayi baru lahir atau mencoba menggunakan nosefrida yang bisa meminimalisir trauma pada bayi. Untuk melancarkan cairan masukan larutan garam menggunakan pipet sebelum melakukan penyedotan. Kuku bayi baru lahir biasannya masih lembut tetapi kukunya ini bisa menggores kulit bayi yang sensitif. Tips perawatan untuk kuku adalah dengan menggunakan gunting kuku bayi. Lakukan gunting kuku ini setelah bayi dimandikan, ini merupakan saat dimana kuku bayi masih lembut atau ketika buah hati tertidur dan jari-jarinya sedang rileks.

Dalam perawatan bayi baru lahir sehari-hari untuk kulit yang direkomendasi oleh dokter yakni dengan membatasi waktu mandi hanya 10 menit saja dan gunakan sabun yang ringan dan bebas wewangian serta gunakan air hangat, orang tua bebas untuk mengoleskan krim kulit anti alergi setelah mandi. Orang tua juga diminta untuk hanya mengenakan pakaian yang berbahan katun. Karena pada umumnya beberapa bayi memiliki bercak gatal berwarna merah bernama eczema atau dermatitis atopik, yang merupakan sebuah warisan kondisi kulit bayi baru lahir.

Banyaknya kelembapan ditambah dengan kulit bayi baru lahir yang masih sensitif bisa menyebabkan ruam popok untuk sejumlah bayi. Untuk itu, orang tua diminta untuk mengganti popok bayi sesering mungkin. Basahi bokong bayi dengan air setiap kali pergantian lalu keringkat. Hindari untuk menggunakan tisu, yang bisa mengiritasi kulit. Gunakan krim pelindung seperti seng oksida putih yang bisa membantu. Terakhir, orang tua diminta untuk tidak menutupi area tali pusar dengan popok dan gunakan cara mandi sepon hingga tali pusar ini copot.

Simak sejumlah informasi rekomendasi lain seperti perawatan bayi baru lahir sehari-hari di Merries Indonesia.

No comments:

Post a Comment