Wednesday, February 25, 2015

Panduan Perawatan Bayi Baru Lahir Prematur di Rumah

perawatan bayi baru lahir prematur
sumber foto: wikipedia

Untuk perawatan bayi baru lahir prematur di rumah, orang tua perlu memastikan bahwa bayinya diberi makan yang cukup, merasa hangat, dimandikan dan senang serta tentu saja bayi mendapatkan waktu tidur di malam hari yang ia butuhkan. Di berbagai cara, perawatan bayi yang lahir secara prematur di rumah mungkin tidak jauh berbeda dari apa yang dibayangkan kehidupan dengan bayi baru. Ibu akan memiliki banyak waktu untuk menggendong dan bermain bersama dan melihatnya menanggapi ke segala hal setiap hari yang belum pernah ia rasakan seperti angin beriup, cahaya matahari, wangi dari bunga atau wangi makanan yang dimasukkan di mesin pemanas.


Banyak keluarga yang menikmati kembalinya ke rumah dengan privasi dan kenyamanan penuh bisa mereka rasakan. Orang tua bisa mulai melakukan perawatan bayi baru lahir prematur dalam caranya sendiri dan ini bisa terasa bagaikan jika kehidupan keluarga sungguhan akhirnya bisa dimulai. Namun, ini juga akan menjadi penyesuaian yang besar untuk semua orang tua. Jika bayi membutuhkan perawatan tambahan, contohnya jika ia mengalami gangguan pernapasan, maka orang tua mungkin merasa kecewa dengan buku atau website perawatan bayi umum, karena tidak sesuai dengan pengalaman yang dirasakan. Namun, panduan tersebut mungkin masih menjadi saran yang membantu dengan tips mengenai pemberian makanan, rutinitas waktu tidur dan aspek kehidupan lainnya dengan seorang bayi.

Orang tua perlu memastikan bahwa mereka menempatkan bayi di suhu yang membuatnya merasa nyaman dan aman. Hal tebaik untuk melakukannya adalah dengan cara melapis. Contohnya, rompi, pakaian tidur bayi dan selimut atau kantung tidur beritsleting adalah hal yang dibutuhkan. Orang tua bisa dengan mudah menambahkan atau mengurangi sebuah barang tergantung bagaimana kenyamanan atau kesejukan sekeliling bayi. Bayi mungkin bisa merasa dingin dengan cepat, khususnya ketika ia tidak mengenakan pakaian sehabis dimandikan tetapi suhu yang panas juga dihubungkan dengan sindrom kematian bayi mendadak, jadi sama pentingnya untuk tidak melebihi lapisan yang dikenakan bayi.

Dengan bayi baru lahir prematur berada di rumah, orang tua mungkin menyadari bahwa bayinya tidak waktu tidur sebanyak seperti perkiraan di malam hari. Orang tua bisa membantu bayi dalam membangun kebersihan tidur yang bagus dengan melakukan beberapa hal seperti menyediakan lingkungan yang sunyi dan redup di malam hari. Namun pada bulan-bulan awal, hanya ada sedikit hal yang bisa dilakukan karena bayi mudah merasa lapar. Semakin mungil ukuran bayi maka semakin sering ia butuh diberi makan. Mengembangkan tidur malam hari yang nyenyak untuk orang tua dan anggota keluarga lainnya mungkin penjadi sebuah proyek jangka panjang.

Seberapa sering orang tua memandikan bayinya akan tergantung dengan seberapa awal kelahiran prematur bayi dan kondisi dari kulit bayi. Untuk kebanyakan bayi, bayi prematur atau bayi normal, air biasa bisa menjadi media yang digunakan untuk beberapa bulan-bulan awal dari kehidupannya. Hal ini termasuk juga untuk melakukan pergantian popok bayi, yang awalnya orang tua harus hanya menggunakan air dan kapas lembut.

Perdalam pengetahuan mengenai perawatan bayi baru lahir prematur di merries.co.id.

No comments:

Post a Comment