Thursday, October 29, 2015

Cerita Singkat Tentang Seorang Penjelajahan Samudra Bangsa Inggris, James Cook

penjelajahan samudra bangsa inggris
sumber foto: anglotopia

Secara lengkap, James Cook merupakan seorang penjelajahan samudra bangsa Inggris, navigator dan pembuat peta. Ia juga merupakan seorang kapten dari perahu Royal Navy. Lahir pada tanggal 7 November 1728, di desa bernama Marton, Yorkshire, Inggris. Penjelajah ini merupakan satu dari 8 anak dengan sang ayah merupakan seorang pekerja ternak di Skotlandia. Di tahun 1973, keluarganya pindah ke desa di Great Ayton. Ia masuk ke sekolah lokal selama 5 tahun dan lalu mulai bekerja untuk ayahnya, yang telah dipromosikan menjadi manajer peternakan. 


Ketika James Cook berusia 17 tahun, ia pindah ke desa nelayan bernama Desa Staithes, dimana ia kemudian bekerja dengan status magang hingga akhirnya ia menjadi penjaga toko. Para peneliti sejarah berpendapat bahwa ini merupakan saat dimana ia pertama kali menjadi tertarik dengan lautan setiap kali ia melihat keluar dari jendela toko. Ia bekerja di toko tersebut selama 18 bulan dan pindah ke dermaga kota Whitby untuk mencari pekerjaan dengan soerang penjual batubara lokal bernama John Walker.

Ia mendapatkan pengalaman pertama berlayar ketika ia mengarungi laut sebagai seorang pedagang magang angkatan laut bersama kapal dari John Walker. Dalam perjalanan ini, James Cook mempelajari algebra, geometri, navigasi dan astronomi. Ini merupakan kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan satu hari jika ia diminta untuk memimpin kapalnya sendiri. Di tahun 1755, John Walker menawarkannya untuk membawa sendiri perahu layarnya. Bukannya menerima tawaran ini, ia malah memutuskan untuk bergabung dengan kapal Royal Navy.

Masuknya James Cook ke kapal Royal Navy terjadi di saat Inggris sedang mempersiapkan untuk apa yang bisa membuat terjadinya perang 7 tahun. Tugas pertamnya adalah untuk menjalankan perahu HMS Eagle, dimana ia berlayar dengan rekan yang memiliki tingkat master. Di tahun 1757, ia mampu lulus dari ujian master dan bergabung dalam perahu HMS Solebay, sebagai pemimpin di bawah kapten Robert Craig. Ia kemudian dipromosikan sebagai master dari perahu Pembroke.

 Di tahun 1758, ia membawa perahu Pembroke melewati Samudra Atlantik menuju Kanada dimana ia berperan dalam menguasai Quebec. Ia kemudian dipindahkan ke Northumberland dan mulau mensurvei pesisir dari Nova Scotia dan Newfouldland. Di tahun 1762, ia kembali ke Inggris dan menikahi Elizabeth Batts dari Shadwell. Tidak lama kemudian ia kembali ke Newfoundland dalam survei kapal The Grenville. Hasil pekerjaanya menghasilkan skala besar pertama, serta peta yang akurat dari pulau dan menjadi survei hidrografi pertama yang menggunakan tringulasi yang tepat untuk membangun gatis tanah.

Di tahun 1766, Royal Society memilih James Cook untuk memimpin perahu HMS Endeabour dalam penjelajahan samudera bangsa Inggris ke Pasifik Selatan untuk mengobservasi transit yang langka dari Venus sepanjang matahari. Ekspedisi ini juga memiliki motif rahasia untuk mencari benua barat yang dibuat-buat bernama Terra Australis. Awak kapal dari perahunya terdiri dari dari ahli astronomi, Charles Green, dan seorang ahli botani, Joseph Banks. Perahu ini tiba di Tahiti pada bulan April 1769 untuk mengobservasi transit terasebut. 

Perahu ini kemudian melanjutkan perjalanan penjelajahannya ke Selandia Baru, lalu ke selatan sepanjang pesisir timur Australia. James Cook menyatakan bahwa daerah ini merupakan tanah baru Inggris dan menamakannya sebagai New South Wales. Di tahun 1772, ia berlayar dalam perjalanan keduanya untuk mencari benua selatan. Ia memimpin perahu HMS Resolution dengan Tobias Furneayc memimpin perahu pendamping, HMS Adventure. Perahu-perahu ini berlayar sejauh Antartika, tetapi mereka dipaksa untuk kembali akibat dinginnya cuaca.

Segala jenis informasi yang berkaitan dengan penjelajahan samudra bangsa Inggris di SuperAdventure.co.id.

No comments:

Post a Comment