Monday, November 23, 2015

Pilihan Terbaik dari Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

makanan sehat untuk ibu hamil
sumber foto: thebump

Ada sejumlah nutrisi yang dibutuhkan untuk sebuah kehamilan sehat dan pilihan terbaik makanan sehat untuk ibu hamil ini bisa dijadikan sebagai acuan. Nutrisi pertama yang dibutuhkan oleh wanita yang sedang mengandung adalah protein. Alasannya adalah karena asam amino yang ada di kandungan ini merupakan balok bangunan dari tubuh bayi. Ibu hamil bisa mendapatkan jumlah rekomendasi harian sebesar 60 gram kandungan ini dari 3 makanan utama dengan pilihan makanannya antara lain, 1 butir telur, 56.7 atau 85 gram dari daging yang sudah dimasak, 237 ml susu skim, 1 yogurt cangkir, 28.4 gram keju keras, 2 sendok makanan selai kacang atau 1/2 cangkir dari kacang kering yang sudah dimasak.


Nutrisi yang kedua adalah karbohidrat. Dengan karbohidrat kompleks yang bisa ditemukan pada biji-bijian dan sayuran tertentu, mampu menyediakan tenaga dan serat yang bertahan lama, yang bisa membantu dalam mencegah sakit perut. Hindari karbohidrat sederhana yang bisa ditemukan pada gula putih, tepung dan makanan yang mengandungnya, seperti kue dan roti tawar, karena jenis makanan ini tidak mengandung nutrisi dan bisa menggemukan. Ibu hamil membutuhkan 9 porsi karbohidrat dalam sehari, yang bisa didapat dari 1 potong tori tawar, 1 tortila, 1/2 roti bagel, 1 ons dari sereal dingin, 1/2 cangkir dari pasta yang sudah dimasak atau nasi, 1 potong kentang berukuran sedang dan 1/2 cangkir dari jagung.

Lemak merupakan salah satu jenis nutrisi dari pilihan makanan sehat untuk ibu hamil. Lemak adalah sumber tenaga yang penting dan kandungan ini bisa membantu wanita yang sedang mengandung dalam memetabolisi vitamin A, D, E, dan K. Tetapi, lemak masih bisa menyediakan kalori, sehingga perlu membatasinya hingga tidak lebih dari 1/2 dari konsumsi harian. Konsumsi 4 dari pilihan sumber lemak berikut ini setiap harinya yaitu dari, 2 ons keju, 2 sendok makan selai kacang, 3/4 cangkir salad tuna, 2 sendok makan keju parmesan, 1 sendok makan mayones, 3 atau 4 ons daging tanpa lemak, 1 telur atau kuning telur, 1/2 alpukat kecil, dan 1 sendok makan mentega. Dalam memasak, menetapkan pada lemak tidak jenuh yang lebih sehat, termasuk di dalamnya minyak zaitun, canola dan minyak kacang. Hindari lemak tidak jenuh yang tidak begitu dibutuhkan, yang bisa ditemukan di daging, produk susu dan juga minyak sawit dan kelapa.

Kalsium merupakan sumber nutrisi yang paling penting dalam membangun tulang dan gigi bayi. Jika ibu hamil tidak mengonsumsi kandungan ini secara cukup, maka janin akan mengambil penyimpanan kalsium ibu, yang bisa membuat tulang ibu memiliki resiko kehilangan persediaan. Untuk mendapatkan jumlah 1.200 miligram kalsium yang dibutuhkan, konsumsi paling tidak 4 dari pilihan makanan ini, seperti 8 ons susu skim, 1 cangkir sayuran mentah berdaun hijau gelap (salad sayuran, brokolo, bayam, kale), 3 hingga 4 ons salmon atau sarden kaleng, 3/4 cangkir dari keju lembut, 1 cangkir yogurt atau 1 ons keju keras.

Jenis nutrisi terakhir yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah zat besi, kandungan ini dibutuhkan untuk membuat hemoglobin, komponen sel darah merah yang membawa oksigen melalui saluran darah. Selama kehamilan, banyak hemoglobin yang dibutuhkan untuk menyediakan bayi dengan oksigen dan janin juga menggunakan zat besi untuk membuat persediaan darahnya sendiri. Ibu hamil membutuhkan zat besi 2 kali lipat atau sekitar 30 miligram sehari, sehingga dokter kandungan mungkin akan menuliskan resep vitamin hamil yang mengandung zat ini. Ibu hamil juga harus mencoba untuk memakan beberapa pilihan makanan berikut setiap harinya, buah kering, daging merah tanpa lemak, kacang dan pasta kering, roti gandum, dan sayuran hijau berdaun gelap.

Masih banyak pilihan lain dari makanan sehat untuk ibu hamil di DiaSweet.