Thursday, July 30, 2015

Seputar Jungle Trekking Indonesia di Bukit Lawang

jungle trekking indonesia
sumber foto: indonesianvacation

Cara untuk bisa secara alami melihat kehidupan orangutan di habitatnya adalah dengan melakukan jungle trekking Indonesia, yang untuk tujuan ini bisa memilih 2 lokasi antara Sumatera dan Kalimantan. Jika ingin melihat kehidupan hewan ini di Pulau Sumatera, tempat yang menjadi tujuan adalah Taman Nasional Gunung Leuser, lebih tepatnya di Bukit Lawang. Taman nasional ini berlokasi di Sumatera Utara, yang dimana panjangnya sekitar 150 kilometer dengan lebar sekitar 100 kilometer.


Taman nasional ini sebagian besar berisi gunung-gunung tetapi Gunung Leuser merupakan gunung dengan ketinggian tertinggi, yakni sekitar 3.466 meter di atas permukaan laut. Bukit Lawang berada di pintu masuk dari Taman Nasional Gunung Leuser dan merupakan salah satu dari situs warisan dunia UNESCO dimana beberapa hewan dan tanaman yang terancam punah berada di sini. Wisatawan yang melakukan perjalanan di bukit ini bisa menemukan keberadaan dari Macan Sumatera, Badak Sumatera, dan bahkan Gajah Sumatera. Namun peluang untuk melihat hewan-hewan tersebut semakin mengecil karena jumlah mereka yang semakin berkurang.

Tetapi, di sisi lain, jika bertujuan untuk melihat orangutan maka Bukit Lawang merupakan tempat yang tepat. Di tempat ini, hewan tersebut dilindungi dan direhabilitasi. Sekedar informasi, jumlah dari orangutan yang berada di Sumatera hanya sekitar 7.500 ekor saja, membuat mereka juga termasuk hewan yang terancam punah di dunia. Jumlah mereka semakin sedikit karena terjadinya penggundulan hutan ilegal dan kebakaran hutan yang dimana para orangutan ini kehilangan rumah mereka.

Bukit Lawang memberikan wisatawan akses paling mudah untuk melihat orangutan secara langsung. Kebanyakan dari hewan ini tidak benar-benar liar, bahkan beberapa dari mereka tercipta untuk bergantung pada manusia untuk tujuan bisnis dan pariwisata. Melihat orangutan di tempat ini berbeda dengan melihatnya di Tanjung Putting, Kalimantan, yang merupakan tempat perlindungannya. Wisatawan akan ditawarkan satu jenis petualangan di bukit ini karena mereka harus melakukan jungle trekking Indonesia untuk menemukan dan melihat orangutan.

Jika tertarik untuk melakukan trekking hutan, maka perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi medan yang sulit. Perlu diketahui juga bahwa menemukan orangutan di tempat ini tidak mudah karena mereka tinggal di habitat asli mereka. Jika sedang tidak beruntung, maka hewan ini tidak bisa terlihat sama sekali walaupun sudah melakukan perjalanan seharian penuh. Seorang pemandu biasannya akan memandu wisatawan yang ingin melakukan trekking hutan. Pemandu ini akan membantu untuk menemukan orangutan dengan membaca tanda/jejak dari hewan ini. 

Jika sedang beruntung, seekor atau beberapa ekor orangutan bisa terlihat di Bukit Lawang. Tetapi perlu diketahui bahwa tidak bisa berada terlalu dekat dengan mereka, karena ini bisa menimbulkan bahaya. Wisatawan perlu berjarak 7 meter dengan hewan ini. Kekuatan orangutan betina sama dengan 4 orang dewasa, sedangkan kekuatan orangutan jantan dua kali lipatnya. Tidak perlu khawatir jika tidak melihat satu pun hewan ini dalam perjalanan, karena wisatawan bisa menuju tempat pemberian makannya yang akan mewujudkan keinginan untuk melihat hewan ini secara langsung.

Temukan berbagai lokasi lainnya untuk jungle trekking Indonesia di SuperAdventure.co.id.

No comments:

Post a Comment