Tuesday, June 23, 2015

Panduan Untuk Orang Tua Dalam Memilih Popok Bayi Baru Lahir yang Bagus

popok bayi baru lahir yang bagus
sumber foto: birth

Popok sekali pakai merupakan salah satu pilihan yang terkenal tetapi apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih popok bayi baru lahir yang bagus. Popok yang hanya bisa sekali digunakan telah menjadi hal yang normal untuk banyak keluarga. Popok sekali pakai sudah mulai digunakan di berbagai belahan di dunia, paling tidak di negara barat. Di tahun 2001, 89 persen dari semua popok bayi yang digunakan oleh warga Australia merupakan popok sekali pakai. Angka ini melonjak tinggi dari angka 40 persen di tahun 1993.


Ada beberapa ketentuan yang harus dimiliki oleh popok bayi sekali pakai. Jenis yang sempurna dari popok sekali pakai harus bisa menyerap cairan dari bokong bayi untuk tetap menjaga kekeringan tanpa menyebabkan kebocoran popok. Popok bayi harus cepat dan mudah digunakan dan dikencangkan. Popok yang bisa mengencangkan dengan sendirinya juga merupakan pilihan yang bagus. Tersedia dalam bentuk dan ukuran yang beragam yang bisa sesuai dengan bayi di setiap tahap pertumbuhannya. Menggunakan bahan penyerap yang tidak membuat cairan keluar dari popok atau bergerak di dalam popok.

Meskipun ada beberapa orang tua, terutama orang tua baru yang kesulitan dalam memilih antara popok bayi baru lahir mereka, apakah popok kain atau popok sekali pakai? Tetapi untuk sebagian lain orang tua mereka sudah memiliki jawaban yang pasti mengenai pertanyaan tersebut. Dalam membicarakan pro dan contra, berikut adalah hal-hal yang bisa dipertimbangkan. Popok bayi sekali pakai bisa menjadi yang lebih nyaman dibandingkan popok kain tradisional, tetapi popok ini membuat banyak sampah karena merupakan barang yang tidak bisa terurai.

Popok sekali pakai merupakan popok yang lengkap, tidak membutuhkan tambahan peniti, lapisan atau pengencang, tetapi harga dari popok ini jauh lebih mahal dari popok kain dan perlu dibeli secara rutin. Popok sekali pakai lebih banyak menyerap dan akan menjaga bayi menjadi lebih kering. Popok kain yang dicuci di rumah menciptakan sedikit sampah dengan menggunakan air dalam pembersihannya tetapi popok ini terbuat dari serat alami yang terbukti aman untuk kulit bayi.

Ada beberapa hal yang untuk orang tua yang memilih popok sekali pakai sebagai popok bayi baru lahir yang bagus. Seperti, jangan membeli banyak di awal. Sebagai jaga-jaga misalnya nanti orang tua tidak menyukai popok tersebut atau kulit bayi mengalami alergi ketika mengenakannya. Perlu diketahui juga bahwa bayi cepat tubuh dan tidak bertahan dalam satu ukuran untuk waktu yang lama. Jika ada teman atau anggota keluarga merekomendasikan merek tertentu, perlu diingat bahwa tidak semua popok cocok untuk semua bayi. 

Pilihan popok sekali pakai yang orang tua pilih biasannya berdasarkan harga dari popok dan apa yang tersedia di warung terdekat. Jika memutuskan untuk membeli popok dalam jumlah banyak, periksa dulu harga popok tersebut di beberapa supermarket terdekat. Harga dari popok sekali pakai bisa berbeda satu-sama-lain.

Temukan panduan lain untuk popok bayi baru lahir yang bagus di Merries Indonesia.