Monday, June 22, 2015

Informasi Berguna Untuk Ibu Hamil Muda Naik Pesawat

ibu hamil muda naik pesawat
sumber foto: bellybelly

Untuk ibu hamil muda naik pesawat yang ingin liburan ke luar kota atau negeri, usahakan untuk melakukan penerbangan antara minggu ke 15 hingga 28. Karena resiko keguguran atau kehamilan prematur lebih kecil dalam rentang minggu ini dan ibu hamil kemungkinan akan merasa lebih baik terhadap dirinya. Namun, ada satu hal yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk menaiki transportasi udara ini yaitu memberiratahu dokter kehamilan yang akan memeriksa kondisi dan memberikan masukan dalam perjalanan.


Ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa untuk kebanyakan penumpang pesawat tidak ada resiko tambahan dalam perjalanan, namun perjalanan menggunakan pesawat terbang kemungkinan masih menjadi jenis perjalanan yang meningkatkan kecemasan paling besar. Kebanyakan perusahaan penerbangan tidak akan mengizinkan ibu hamil yang berada di minggu-minggu terakhir kehamilan, hal ini bukan karena perjalanan yang akan dijalankan berbahaya tetapi karena mereka tidak menginginkan ibu hamil melahirkan ketika sedang berada di pesawat.

Dengan setiap perusahaan penerbangan memiliki peraturan berbeda-beda, disarankan untuk ibu hamil muda menghubungi perusahaan penerbangan mengenai rencana menaiki pesawatnya dan mengetahui peraturan yang mereka punya. Kebanyakan maskapai penerbangan membutuhkan sertifikat rumah sakit untuk usia kehamilan lebih dari 28 minggu dan tidak akan mengizinkan ibu hamil yang memiliki usia kehamilan lebih dari 36 minggu. Tetapi peraturan-peraturan ini terus berubah, sehingga periksa sebelum memesan dan perlu memperhitungkan juga perjalanan kembali dari tempat tujuan.

Membawa barang-barang yang hanya benar-benar diperlukan dalam koper, jika ibu hamil membeli atau meminjam koper dengan roda, jenis yang disarankan untuk dipilih adalah yang tidak memiliki banyak straub. Bawa detil dari kunjungan ke rumah sakit, nomor telepon dari dokter kehamilan, catatan yang bertuliskan ibu hamil dan informasi-informasi penting lainnya sebagai jaga-jaga misalnya ketika liburan atau di tempat tujuan, sekaligus solusi untuk ibu hamil jatuh sakit.

Untuk hal-hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil muda naik pesawat dalam perjalanannya antara lain, mengenakan pakaian yang longgar dan sepatu yang nyaman. Kenakan beberapa lapis pakaian yang ideal sehingga bisa beradaptasi dengan suhu berbeda dari tempat tujuan. Karena ketika sedang hamil, suhu tubuh cendering menjadi lebih tinggi tetapi suhu di kabin bisa terasa sejuk. Minum banyak air sebelum dan selama perjalanan, hindari minuman beralkohol, kopi, teh dan minuman soda, karena jenis minuman-minuman ini bisa menimbulkan dehidrasi. 

Selama penerbangan, ibu hamil perlu sering berdiri dan berjalan-jalan di sekitar, memutar pergelangan kaki secara rutin dan menempatkan sabuk pengaman di bawah perut ibu hamil muda serta memberitahukan bahwa Anda sedang hamil ke petugas penerbangan ketika memasuki pesawat. Ada tambahan cairan di dalam tubuh ketika hamil yang menyebabkan pergelangan kaki, kaki, pergelangan tangan dan tangan membengkak. Dengan perjalanan jauh membuat kondisi ini menjadi lebih parah, untuk itu jika mungkin duduk dengan kaki lebih tinggi dari posisi jantung.

Cari berbagai informasi berguna pilihan seperti ibu hamil muda naik pesawat di Merries.co.id.

No comments:

Post a Comment