Monday, June 15, 2015

Penjelasan Mengenai Bagaimana Kalkulator Kehamilan Online Bekerja

kalkulator kehamilan online
sumber foto: popsugar

Sebelum adanya kalkulator kehamilan online, ketika orang sedang mendiskusikan sudah berapa usia kehamilan seseorang, mereka cenderung menggunakan istilah-istilah umum, seperti aia sedang berada di trimester pertama atau ia sudah berada dalam kehamilan bulan ke-4. Namun, banyak orang yang memiliki pengetahuan yang samar-samar mengenai apa arti sebenarnya dari istilah-istilah tersebut. Kalkulator kehamilan yang ada di internet dan dokter kehamilan umumnya menggunakan metode standar yakni dari tanggal terakhir masa menstruasi. Selain itu, para dokter memiliki 2 metode lainnya yakni pemeriksaan USG dan uji fisik. 


Untuk cara yang menggunakan tanggal terakhir masa menstruasi, tidak masalah dimana sang dokter diajarkan atau dimana mereka melakukan latihan, jika 2 dokter diminta untuk memperkirakan tanggal persalinan menggunakan metode ini, maka hasil tanggal prediksi yang didapat akan sama. Namun, tanggal sesungguhnya dari persalinan tidak bisa ditebak dengan pasti. Ada beberapa ibu hamil yang melahirkan sesuai dengan tanggal perkiraan, ada beberapa ibu hamil yang melahirkan di luar tanggal persalinan entah itu lebih cepat atau lebih lama. 

Dokter kehamilan menyebut masa atau lama dari kehamilan berbeda dibandingkan dengan apa yang dipikirkan oleh banyak orang. Kebingungan dari istilah yang mereka gunakan memang bisa dipahami. Secara logika, seseorang mungkin membayangkan para dokter menjelaskan kehamilan dengan berapa lama waktu telah berlalu setelah pembuahan. Tetapi kenyataanya, para dokter kehamilan umumnya melakukan perhitungan usia kehamilan dari hari pertama dari tanggal terakhir masa menstruasi. Salah satu alasan untuk tidak mengukur tanggal kehamilan dari tanggal pembuahan adalah para dokter tidak bisa mengetahui kapan pastinya tanggal tersebut terjadi. Tetapi mereka bisa mengetahui kapan hari pertama dari tanggal terakhir masa menstruasi, berdasarkan dari informasi dari ibu hamil. 

Rata-rata dari masa menstruasi terjadi sekitar 28 hari, dan pembuahan terjadi sekitar 14 hari sebelum masa menstruasi selanjutnya dimulai. Sehingga ketika seorang ibu hamil memiliki usia kehamilan 6 minggu dari tanggal terakhir masa menstruasi berarti, ia mengalami pembuahan 4 minggu, sekitar dari terjadinya ovulasi. Metode yang juga digunakan oleh kalkulator kehamilan online, diawali dengan perkiraan masa kehamilan terjadi selama 40 minggu dari hari pertama dari tanggal terakhir masa menstruasi atau 4 minggu lebih banyak dari waktu umum 9 bulan yang banyak digunakan. 

Dokter kehamilan menganggap sebuah persalinan prematur jika kehamilan hanya berlangsung 36 minggu, dan persalinan sangat prematur ketika kehamilan hanya berlangsung selama 28 minggu. Kadang para dokter menggunakan sistem trimester ketika mereka mencari cara untuk menjelaskan sudah berapa lama seorang wanita menjalani kehamilan dalam istilah umum. Namun, trimester memiliki keragaman dalam beberapa minggu. Trimester pertama umumnya digunakan untuk masa kehamilan hingga minggu ke-12 atau 14 semenjah tanggal terakhir masa menstuasi, trimester kedua hingga minggu ke-26 atau 28 dan trimester ketiga hingga ibu hamil melahirkan.

Dapatkan berbagai penjelasan lainnya seputar kalkulator kehamilan online di Merries.co.id.

No comments:

Post a Comment