Tuesday, May 5, 2015

5 Tempat Menyelam yang Mampu Menunjukkan Keindahan Alam Indonesia Raja Ampat

keindahan alam indonesia raja ampat
sumber foto: remotelands

Keindahan alam Indonesia Raja Ampat bisa dilihat dengan kepulauan ini memiliki beberapa tempat diving terbaik di dunia. Kelompok pulau yang memiliki jumlah sekitar 1.600 pulau ini, kebanyakan dari pulau-pulau tersebut tidak berpenghuni. Keberadaan Raja Ampat tidak banyak yang tahu hingga beberapa tahun terakhir, kepulauan ini memiliki kehidupan laut dalam jumlah dan keragaman yang banyak dan kepulauan ini memiliki wilayah yang besar, sistem terumbu karang yang sebagian besarnya masih murni, merupakan sebuah impian dari pemandangan yang ingin dilihat oleh para penyelam.


Menyelam di Raja Ampat bagaikan berenang di akuarium tropis. Pulau-pulau dengan sedikit penduduknya juga merupakan tempat yang bagus untuk melihat kehidupan burung dan menjelajahi di antara pemandangan curam yang indah, pulau yang dipenuhi oleh hutan, pantai pasir putih, laguna yang tersembunyi, goa-goa seram, pulau kecil yang berbentuk bagaikan jamur aneh dan perairan yang bening. Melakukan liburan di kepulauan ini bukan untuk wisatawan yang memiliki dana sedikit namun akomodasi tempat tinggal baru telah membuat Raja Ampat menjadi lebih mudah diakses dibandingkan dengan sebelumnya. Di bawah ini adalah pilihan tempat melakukan olahraga air di kepulauan ini.

Kepulauan Wayag


Kepulauan yang kecil, tidak berpenghuni dan memiliki pemandangan indah ini hanya berjarak 30 kilometer melewati Waigeo, yang menampilkan sebagaian besar keindahan yang dimiliki oleh Raja Ampat. Umumnya tempat ini merupakan tempat menyelam liveaboards, tetapi Kepulauan Wayag juga diperuntukkan kepada wisatawan yang tidak menyelam karena keindahan yang dimilikinnya, snorkeling dan tantangan dalam mendaki puncak tertinggi pulau ini, Pindito. Perjalanan keliling seharian dengan perahu motor dari Waisai untuk 6 hingga 10 orang seharga sekitar Rp.9.000.000.

Tanjung Kri


Jumlah ikan dan keragamannya di titik sebelah timur dari Pulau Kri telah dilakukan pengamatan untuk membuat banyak orang percaya. Sebuah rekor dunia dengan 374 spesies ikan dalam satu kali penyelaman dihitung di tempat ini pada tahun 2012. Banyak kelompok, barakuda, jacks, ikan bendera dan ikan kakap hidup berdampingan dengan ikan karang kecil, ikan pari, ikan hiu, kura-kura dan ikan kerapu. Tempat ini juga memiliki karang yang indah juga.

The Passage


Jalur dengan lebar 20 meter antara Wigeo dan Gam yang merupakan sebuah sungai air asin yang efektif. Tempat ini bagaikan surga untuk macrodiver canggih dengan siput laut, bunga karang dan tunikata atau penyemprot laut, ada di perairan dekat The Passage. Ikan hiu, ikan sumpit, kura-kura, ikan pari dan kelompok dari bumphead juga terlihat ada di tempat ini.

Pulau Misool


Pulau terpencil yang ada di daerah selatan, khususnya pulau-pulau kecil yang berada di sudut tenggarannya, ini memiliki pemandangan karang yang mengagumkan. Terumbu karang yang masih murni di Pulau Misool mamp menarik kuda laut kerdil, ikan hiu epolet, ikan pari manta dan berbagai jenis macam ikan-ikan lainnya. 

Mata Mantra


Ini merupakan tempat yang terkenal berada di antara Pulau Mansuar dan Arborek, ada banyak jumlah ikan pari manta yang besar, dengan lebar sayapnya melebihi 5 meter, menunggu di atas kepala karang untuk dibersihkan oleh ikan keling kecil. Untuk melihat salah satu keindahan alam Indonesia Raja Ampat ini waktu terbaiknya adalah di sekitar bulan Oktober hingga April.

Informasi lainnya seperti keindahan alam Indonesia Raja Ampat di SuperAdventure.co.id.