Thursday, April 30, 2015

Panduan Dalam Mempersiapkan Perlengkapan Bayi Baru Lahir dan Ibu Melahirkan

perlengkapan bayi baru lahir dan ibu melahirkan
sumber foto: parenting

Apa saja perlengkapan bayi baru lahir dan ibu melahirkan yang dibutuhkan pada beberapa minggu pertama setelah bayi tiba di rumah? Setelah mengajukan pertannyaan tersebut ke para ahli lalu bertanya dengan para orang tua, ditemukan ternyata orang-rang memiliki ide-ide yang sangat berbeda mengenai apa saja barang-barang yang penting. Tetap saja, bayi yang baru lahir akan memerlukan beberapa perlengkapan dasar seperti, tempat untuk tidur, tempat duduk yang aman di mobil, popok, dan beberapa barang-barang utama untuk makan, berkeliling dan tetap selamat. Berikut ini adalah barang-barang yang direkomendasi oleh para ibu:


Untuk memberi makan, beberapa perlengkapan yang perlu dipersiapkan antara lain bantal menyusui, bantal yang bagus ini akan membantu ibu dalam memberikan sanggahan yang nyaman untuk bayi saat memberi dia makan. Celemek, yang akan menjaga muntahan dan air liur mengenai baju bayi. Kain sendawa, ibu bisa menggunakan barang yang penting ini ke mana pun untuk menjaga pakaian bayi dari muntahan bayi yang tidak terelakkan dan muntahan cairan lainnya.

Krim puting, karena memberi ASI bisa mengeringkan kulit halus dari puting dan krim puting akan mengurangi kekeringan, menyembuhkan kulit yang retak dan mengurangi nyeri. Pompa ASI untuk ibu yang memberikan ASI eksklusif. Memompa berarti pengasuh bayi lainnya, seperti suami atau nenek, bisa menggunakan susu hasil pompa untuk diberikan ke bayi. Susu formula, jika ibu tidak bisa atau tidak berencana memberikan ASI, ada banyak pilihan susu formula bayi yang bisa dipilih. 

Mengenai urusan popok, perlengkapan bayi baru lahir dan ibu melahirkan yang pertama adalah meja pengganti. Meja tulis atau lemari rendah dengan bantalan mengganti yang empuk bisa menjadi alternatif. Tetapi meja pengganti khusus menyediakan tambahan yang bagus seperti pagar pengaman dan banyak kantung penyimpanan. Popok bayi, kebanyakan kegiatan sehari-hari di minggu-minggu awal mengurus bayi melibatkan orang tua banyak mengganti popok bayi. Sekitar 80 persen dari orang tua memilih menggunakan popok sekali pakai. Sebagian orang tua lainnya memilih menggunakan popok kain atau menggunakan popok ramah lingkunan.

Tentukan jenis popok bayi yang ingin digunakan dan sediakan beberapa tumpuk sebelumnya. Perlu diketahui bahwa orang tua akan melakukan penggantian sekitar 10 hingga 12 popok setiap hari selama minggu-minggu awal. Tisu popok, untuk membersihkan bokong bayi ketika mengganti popok. Krim popok, salep penenang yang melindungi kulit lembut bayi dari ruam popok. Sistem pembuangan popok, ini merupakan tempat penyimpanan yang mudah dibawa dan cara yang efektif dalam menyimpan popok sekali pakai yang sudah digunakan sampai tiba waktunya popok-popok tersebut dibuang ke tempat sampah. Tempat penyimpanan ini mampu meredam bau popok.

Perlengkapan tidur bayi dimulai dari tempat tidur, sebenarnya bayi bisa tidur di keranjang, tetapi jika orang tua berencana untuk membagi tempat tidur maka lama-kelamaan tempat tidur bayi menjadi sesuatu yang dibutuhkan. Dalam memilih kasur, pilihlah yang semi internalnya kuat ata kasur tempat tidur dari busa. Seprai dan bantalan, beli paling tidak 2 set dari seprei untuk mengurangi kepanikan untuk membersihkannya.

Dapatkan informasi lainnya seputar perlengkapan bayi baru lahir dan ibu melahirkan di Merries Indonesia.