Monday, March 30, 2015

Panduan Orang Tua Untuk Membeli Perlengkapan Bayi Murah


sumber foto: hgtv

Membeli perlengkapan bayi murah merupakan salah satu gaya dari hidup hemat dari sebuah keluarga. Orang tua perlu mempelajari apa saja perlengkapan yang bayi merek butuhkan dan apa yang tidak benar-benar mereka butuhkan ketika sedang mencari perlengkapan bayi dan bagaimana cara mendapatkannya. Ada 3 aturan dasar yang bisa digunakan untuk orang tua untuk mengurangi biaya belanja berbagai peralatan bayi yang rata-rata harganya tidak murah.

Aturan pertama adalah mengacuhkan tren dari perlengkapan bayi yang sebenarnya tidak dibutuhkan, lalu jangan terlalu bergantung dari barang bekas yang bisa ditawar dan terakhir adalah buat sendiri perlengkapan bayi yang mudah untuk dilakukan. Memang tidak semua ibu memiliki talenta, kesabaran atau keinginan untuk membuat peralatan bayi mereka sendiri tetapi setiap ibu bisa mencari perlengkapan bayi murah dengan membeli perlengkapan bekas atau menerima donasi perlengkapan bekas. Ibu baru juga bisa menghemat uangnya dengan tidak membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.

Kebanyakan ibu baru jarang ada yang diberitahu mengenai apa saja yang tidak mereka butuhkan dari berbagai perlengkapan dasar, yang dimana kebanyakan dari para orang tua baru sering membelanjakan uangnya terhadap barang-barang tersebut. Orang tua mungkin biasanya tidak menerima banyak barang saat acara syukuran bayi tetapi tetap akan ada orang dekat yang memberikan beberapa barang sebagai hadiah. Namun jika tidak menerima banyak hadiah, orang tua baru tidak perlu khawatir.

Karena sebenarnya, orang tua baru bisa merawat bayi tanpa barang-barang yang kenyataanyannya tidak mereka butuhkan. Bahkan, sebagian dari barang-barang tersebut sering dibeli oleh orang tua baru tetapi mereka jarang menggunakannya. Perhatikan daftar barang-barang yang biasanya dibeli oleh ibu baru yang membelanjakan uangnya untuk membeli barang-barang ini. Barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan tersebut antara lain, handuk bayi dengan penutup kepala, keranjang. bak mandi bayi, meja pengganti popok dan kain pelindung sendawa.

Dari pada membelanjakan uang untuk membeli barang-barang ini, cari metode alternatif lain dalam merawat bayi sambil menjalani gaya hidup hemat. Ibu baru bisa menggunakan popok kain dari pada membeli kain pelindung sendawa. Orang tua bisa menggunakan handuk biasa dan kain lap dari pada membeli handuk bayi berpenutup kepala dan kain lap bayi yang kecil. Menggunakan bak mandi orang tua atau menggunakan tempat cuci piring yang diberi pelindung dari pada menghabiskan uang dengan membeli bak mandi bayi.

Banyak juga orang tua baru yang terbuai dengan membeli meja pengganti popok, yang kebanyakan orang tua berpengalaman mengaku tidak pernah menggunakannya, jadi orang tua baru tidak memiliki alasan untuk membelinya. Cara alternatif yang bisa digunakan adalah dengan mengganti popok di atas kasur atau lantai yang diberi alas. Ada beberapa barang yang kebanyakan orang tua baru tidak perlukan, tetapi mungkin mereka butuhkan pada saat tertentu. Hal ini termasuk dengan sabun pembersih yang diciptakan untuk bayi, yang sebenarnya tidak dibutuhkan kecuali bayi diketahui memiliki alergi.


Temukan panduan lainnya seputar perlengkapan bayi murah di Merries.co.id.